Ekspektasi Kemenkop UKM Atas Kopma di Era Industri 4.0

[caption id="attachment_16406" align="aligncenter" width="1024"] Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Kemenkop dan UKM, Arif Rahman Hakim, saat membuka acara Transformasi Koperasi Mahasiswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0, di Surabaya[/caption]

SURABAYA-SUREPLUS: Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) mengharapkan Koperasi Mahasiswa (Kopma) agar dapat memosisikan diri sebagai koperasi yang berkualitas.

“Agar nantinya Kopma ke depan bisa menjadi pendamping masyarakat dan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya,” ungkap Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Kemenkop dan UKM, Arif Rahman Hakim, saat membuka acara Transformasi Koperasi Mahasiswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0, di Surabaya, Jumat (6/3/2020)

Arif mengungkapkan, pihaknya akan senantiasa mendorong agar Kopma konsisten memiliki kreativitas serta dapat berinovasi. Keberadaan Kopma diharapkan dapat menyokong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Pesan dari Pak Menteri (Menkop UKM Teten Masduki) adalah harapan. Kami menaruh harapan yang besar kepada kalian, generasi bangsa. Kita semua di sini harus mampu menciptakan inovasi, kreativitas untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi global saat ini sedang melemah. Kondisi tersebut berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Arif berharap Kopma yang melibatkan partisipasi generasi muda dapat lebih kreatif.

“Kalau kita diam saja, pertumbuhan ekonomi kita bakal melambat. Kita harus membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Kita semua di sini harus mampu menciptakan inovasi dan kreativitas,” kata Arif.

Kendati demikian, saat ini terdapat 50 Kopma dan 150 mahasiswa aktif berwirausaha. Pada acara ini mereka akan mendapatkan pelatihan dan pembinaan dari pemerintah. Kopma harus mampu merumuskan rencana ke depan serta membuat suatu format bisnis yang dapat memenuhi keinginan para anggotanya, serta memberi pendampingan terhadap masyarakat.

“Kami juga berharap setiap satu kampus harus punya minimal 10 rencana kegiatan. Di kampus ada berbagai jurusan. Misalnya, pertanian, peternakan, ekonomi, dan lainnya,” tutup Arif.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana

Posting Komentar

0 Komentar