Bukalapak Integrasikan Produk Virtual di Warung Dorong Laju Ekonomi

BANDUNG-SUREPLUS: Platform Jual Beli Online, Bukalapak kini meluncurkan produk virtual terbaru untuk para mitra warung. Seluruh warung yang menjadi Mitra Bukalapak saat ini dapat melayani kirim uang, tabungan emas, pembayaran e-Samsat dan Samolnas, Telkom/Indihome, serta voucer game.

“Kami melihat warung mitra sebagai pilar ekonomi daerah yang berpotensi mendorong laju pertumbuhan ekonomi nasional. Dengan peluncuran layanan produk virtual ini, kami berharap dapat membantu menjaga resistensi terhadap gejolak perdagangan global,” ungkap CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin dalam acara launching produk virtual Bukalapak di Gedung Sate Bandung, Senin (9/3/2020).

Rachmat mengungkapkan, selain itu ia ingin warung Mitra Bukalapak tumbuh menjadi warung yang memiliki produk virtual terlengkap. Terutama, sebagai titik sentuh layanan perbankan untuk masyarakat yang belum memiliki akses terhadap layanan keuangan.

“Memasuki dekade kedua, Bukalapak berfokus pada peng-optimalan potensi UMKM yang ada di tiap daerah Indonesia. Warung sebagai salah satu tempat masyarakat dalam beraktivitas ekonomi, memiliki potensi besar untuk jadi kekuatan perekonomian daerah dan mendorong pertumbuhan nasional,” ujarnya.

Ada dua Fitur utama yang ditawarkan, yakni Fitur Kirim Uang yang bekerja sama dengan Bank Mandiri. Sebanyak 1,5 juta warung Mitra Bukalapak bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai ATM untuk mengirim uang tanpa harus punya rekening.

“Satu lagi Fitur Investasi, melalui produk Tabungan Emas yang bekerja sama dengan Pegadaian, masyarakat dapat berinvestasi emas mulai dari harga yang sangat terjangkau yaitu senilai Rp10.000 di warung Mitra Bukalapak terdekat dengan aman dan diawasi oleh OJK,” kata Rachmat.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan, bahwa pihaknya mengapresiasi langkah Bukalapak dalam memajukan warung.

“Warung memiliki potensi besar dalam memberikan dampak signifikan bagi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan ekonomi nasional,” tutur Teten.

Kendati demikian, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut menyambut positif peluncuran produk ini. Dirinya menjelaskan, pemanfaatan teknologi di warung dapat menjadi basis kekuatan perekonomian daerah.

“Semakin banyak produk virtual yang terjual, maka pemilik warung dan masyarakat sekitar semakin diuntungkan dan pada akhirnya mampu meningkatkan perekonomian daerah,” pungkas Ridwan.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana