Ratusan Ribu UMKM di Gresik Belum Terverifikasi, Diskoperindag Bakal Data Ulang



[caption id="attachment_12287" align="aligncenter" width="800"] Ilustrasi pameran UMKM[/caption]

GRESIK-SUREPLUS: Tercatat sebanyak 176.227 UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di daerah Gresik hingga saat ini masih juga belum terverifikasi. Terkait dengan itu, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) bakal mendata ulang UMKM mana yang masih aktif maupun tidak.





Kepala Diskoperindag Gresik, Agus Budiono mengungkapkan, jika catatan terakhir pada 2013, jumlah UMKM mencapai 176.227. Namun tujuh tahun berlalu, Agus memprediksi, ada perkembangan. Apakah jumlah itu meningkat atau bisa saja berkurang.


Agus juga menambahkan, verifikasi tersebut ditujukan untuk mengetahui jumlah pastinya. Sehingga, ketika data sudah valid, bisa dicocokkan dengan UMKM yang belum mengurus online single submision (OSS). “Pendataan hanya memverifikasi mana UMKM yang masih hidup. Untuk izin OSS itu menjadi wilayah DPM-PTSP,” tuturnya, Kamis (6/2/2020).


Secara terpisah, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Gresik, Mulyanto mengatakan, sejauh ini pelaku UMKM sangat antusias dalam mengurus OSS. Bahkan, dalam dua kali sosialisasi beberapa waktu lalu pesertanya pun membludak.


“Tahap awal kami jatah 40 peserta dan yang kedua juga 40 peserta. Tapi yang datang mengurus OSS lebih dari itu. Artinya, hal tersebut sangat bagus,” ujarnya.


Karena itu, lanjut Mulyanto, pihaknya bakal meneruskan sosialisasi secara rutin. Sebab, masih banyak pelaku UMKM yang belum mengurus OSS. “Masih banyak pelaku UMKM baru yang belum tahu cara mengurusnya. Hal ini sangat penting. Sebab, cara pengurusannya cukup satu jam selesai,” pungkasnya.[lana/DM]




Editor: Dony Maulana

Posting Komentar

0 Komentar