Pembangunan Jalan MERR II C Cakup Dana Hingga Rp 426 Miliar

[caption id="attachment_16211" align="aligncenter" width="1280"] Peresmian Jalan Middle East Ring Road (MERR) IIC Gunung Anyar sisi barat, oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.[/caption]

SURABAYA-SUREPLUS: Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini meresmikan Jalan Middle East Ring Road (MERR) IIC Gunung Anyar sisi barat. Pembangunan jalan ini menelan Anggaran Pembelanjaan dan Pendapatan Daerah (APBD), sebesar Rp 426 miliar.

"Waktu perencanaan dulu, jalan itu sempat mau dibikin jalan tol. Tapi saya ngotot ndak mau karena saya juga memikirkan gimana orang-orang Surabaya nanti tidak bisa lewat," ungkap Risma, saat peresmian jalan MERR IIC, Minggu (16/2/2020).

Dilain pihak, Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Erna Purnawati mengatakan jalan MERR terbagi menjadi 3, yakni MERR II A dengan rute Jalan Kenjeran - perempatan Unair kampus C;  MERR II B dengan rute perempatan Unair kampus C - perempatan Jalan Arief Rahman Hakim;  dan MERR II C dengan rute perempatan Jalan Arief Rahman Hakim - Gunung Anyar.

Menurutnya, perencanaan Jalan MERR ini tertuang di Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Surabaya pada 2014-2034, serta prioritas pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kota Surabaya 2016-2021.

“Proyek ini menghabiskan dana APBD pembangunan fisik lebih Rp100 miliar. Dan APBD untuk pengadaan tanah  Jalan MERR II C sebesar Rp 326 miliar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Surabaya Irvan Wahyudrajat menjelaskan bahwa di MERR II C Gunung Anyar ini telah dipasang sekitar 10 unit kamera CCTV, 2 unit warning light, 1 unit traffic light di persimpangan jalan Merr-Gunung Anyar Timur.

“Kami juga sudah pasang 15 titik speed trap dan rambu serta markanya sudah lengkap,” pungkas Irvan.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana

Posting Komentar

0 Komentar