Khofifah: Mohon Untuk Distributor Jangan Timbun Bawang Putih

[caption id="attachment_16165" align="aligncenter" width="800"] Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat hadir dalam seremoni panen bawang putih lokal di Desa Sempol Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso[/caption]

SURABAYA-SUREPLUS: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meyakini bahwasanya stok bawang putih aman untuk wilayah Jawa Timur. Namun,  Ia meminta kepada importir dan distributor untuk segera melepas barangnya ke pasar supaya harga bawang putih tidak mengalami pergeseran keatas.

"Saya sudah konfirmasi langsung kepada kementerian terkait jika tidak ada pelarangan impor komoditas bawang putih. Pelarangan impor hanya berlaku pada hewan hidup," ungkap Khofifah, saat sesi wawancara di gedung negara Grahadi Surabaya, Kamis (13/2/2020).

Khofifah mengungkapkan, naiknya harga komoditas bawang putih ini dikarenakan dampak psikologis pemberitaan virus corona. Maka dari itu, Khofifah meminta distributor tak menimbun bawang putih.

"Pelarangan impor bawang putih yang sempat tersiar saya mengonfirmasi kepada Pak Menko Perekonomian (Airlangga Hartarto), itu tidak benar. Karena itu saya minta distributor tetap melempar barangnya ke pasar, jangan ditimbun," ujarnya.

Gubernur Jawa Timur ini, juga telah meminta tim satgas pangan untuk turun dan memeriksa ketersediaan bawang putih di gudang penyimpanan. "Saya menerima informasi, harga bawang putih di pasar tradisional Jatim sempat melonjak pascapemberitaan penyebaran virus corona," kata Khofifah.

Kendati demikian, seperti yang diberitakan sebelumnya bawang putih yang biasanya dibanderol Rp 25.000 per kilogram, kini lonjakannya menjadi Rp 50.000 per kilogram. Sedangkan, Provinsi Jatim membutuhkan 62.000 ton bawang putih dalam setahun. Untuk menutupi kebutuhan itu, Pemprov Jatim mengimpor bawah putih dari China.

"Untuk opsi menutup kebutuhan bawang putih kita masih impor dari Cina untuk saat ini. Sekali lagi tidak ada pelarangan impor bawang putih," tutup Khofifah.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana

Posting Komentar

0 Komentar