Kampus di Surabaya Lebarkan Kerjasama Internasional dengan Inggris

[caption id="attachment_16235" align="aligncenter" width="1024"] Foto bersama jajaran pimpinan ITS dengan jajaran Kedubes Inggris untuk Indonesia[/caption]

SURABAYA-SUREPLUS: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam memperluas jaringan internasional, menerima kunjungan dari delegasi Kedutaan Besar Inggris yang dipimpin oleh Wakil Duta Besar Rob Fenn di Gedung Rektorat ITS. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka menjalin kerja sama di bidang pendidikan dan penelitian.

Rektor ITS, Mochamad Ashari menyatakan, ITS sangat antusias untuk menjalin mitra dengan pihak Kedutaan Besar Inggris.

“Kami mengharapkan kerjasama ini dapat menghasilkan inovasi baru untuk memajukan sumber daya manusia di Indonesia, khususnya Kota Surabaya,” ungkap Ashari, saat memberikan sambutan di kampus ITS, Rabu (19/2/2020).

Senada dengan Ashari, Rob mengatakan akan menjadi mitra Kedutaan Besar Inggris di bidang pendidikan, terutama mengenai pendidikan mitigasi bencana dan perubahan iklim yang ekstrem. Ia menambahkan, isu mengenai pendidikan mitigasi bencana akan dikaitkan dengan program utamanya, yaitu bagaimana mengontrol dan mengawasi kota dengan menggunakan sistem kota masa depan.

“Kami rencananya ingin menerapkan program ini di Kota Surabaya sebagai kota percontohan,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Future Cities Manager Barikatul Hikmah memaparkan, program Global Future Cities akan dilaksanakan di 19 kota di seluruh dunia. Adapun di Indonesia terdapat dua kota, yaitu Kota Bandung untuk bidang transportasi dan Kota Surabaya untuk bidang perubahan iklim.

“Kota Surabaya dipilih karena usaha mengatasi persoalan bencana mendekati sempurna, kecuali di mitigasi bencana gempa bumi,” kata Hikmah.

Ia menjelaskan program tersebut memiliki tahapan perencanaan, tahapan edukasi mengenai peringatan dini terutama bagi wanita dan disabilitas, hingga tahapan pengerjaan. Rencananya program ini akan diluncurkan pada bulan Maret mendatang.

Kendati demikian, Wakil Rektor IV, Direktur Kemitraan Global ITS Maria Anityasari menyampaikan, Direktorat Kemitraan Global atau International Office ITS juga telah ada pembahasan soal pendidikan mitigasi bencana dan perubahan iklim melalui forum diskusi dan loka karya mahasiswa secara berkelanjutan.

“Rencananya, bulan April mendatang diadakan loka karya yang begitu masif dengan mahasiswa mengenai isu ini,” tuturnya.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana

Posting Komentar

0 Komentar