Dua Pemuda Sukses Bagikan Motivasi Bisnis Untuk Mahasiswa Surabaya






[caption id="attachment_16080" align="aligncenter" width="800"] Rony Helmy (paling kanan) dan Ali Sangadji (dua dari kanan) saat mengisi talkshow Young Entrepeneur ISDP UNAIR di Aula Garuda Mukti lantai 5 Kampus C UNAIR.[/caption]

SURABAYA-SUREPLUS: Negara Indonesia saat ini tengah menggencarkan dunia usaha, khususnya bagi para muda mudi. Seperti dua pemuda yang telah meraih kesuksesan dari sekian banyak wirausaha muda di Indonesia, yang bernama Ali Sangadji dan Rony Helmy. Mereka berbagi kisah keberhasilannya dalam seminar yang diadakan oleh Universitas Airlangga (UNAIR) pada para mahasiswa.

Ali Sangadji yang merupakan Co-Founder Jojonomic dan Rony Helmy CMO Hubb Asia, memberikan materi soal memulai usaha yang mudah serta dapat konsisten di masyarakat. Ali dengan usahanya, Jojonomic yang berdiri pada tahun 2015 mengaku mendapat sebuah tantangan setelah bekerja di Microsoft.

"Saya berusaha keluar dari  zona nyaman, soalnya ingin kasih sesuatu yang berdampak  signifikan untuk masyarakat. Awal merintis start-up ini saya belum mendapatkan peghasilan namun saya tetap berjuang,” ungkap Ali, saat memberikan pemaparan di Kampus UNAIR, Rabu (5/2/2020).

Ali mengungkapkan, untuk para mahasiswa agar tetap memulai usaha apapun dengan manajemen risiko. Dengan adanya manajemen pada sebuah usaha, tantangan yang akan dihadapi seorang wirausaha akan lebih terorganisir.

Sementara itu, Rony Helmy mengatakan pada mahasiswa,.untuk memulai usaha dengan hati. Hal itu ia ungkapkan berdasarkan pengalamannya yang memulai beberapa usaha berawal dari keingininan yang kuat. “Awal yang bagus untuk memulai sebuah usaha adalah dari hati yang kuat untuk apa usaha kita kembangkan,” kata Rony.

Rony yang juga memiliki usaha retail departemen store juga menekankan kerendahan hati untuk selalu berpasrah diri kepada Allah SWT. Nilai agama perlu diterapkan agar usaha yang dikembangkan oleh para wirausaha selalu diridhoi. "Saya sarankan agar tidak selalu menumpuk banyak ide di kepala. Lebih baik dilakukan secara perlahan demi kemudahan usaha," ujarnya Rony.
Dalam acara talkshow bertajuk Young Entrepeneurs ISDP UNAIR bersama Bank Mandiri Syariah itu juga mendatangkan mahasiswa yang pernah didanai oleh ISDP UNAIR. Bertempat di Aula Garuda Mukti Lt. 5 Rektorat UNAIR, tiga mahasiswa yang pernah didanai ISDP UNAIR antara lain Bintang Wijaya, Koes Hendra, dan Ifandy A.W. Mereka dalam kesempatan tersebut juga memberikan materi motivasi dan pengalaman dalam berwirausaha.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana





Posting Komentar

0 Komentar