DPRD Surabaya Berharap Jalan Yos Sudarso Surabaya Bisa Segera Dibuka

Anggota Komisi C DPRD Surabaya saat melaksanakan sidak di Jalan Yos Sudarso, tepatnya proyek pembangunan Alun Alun Suroboyo

SURABAYA-SUREPLUS: Komisi C DPRD Surabaya melaksanakan sidak proyek pembangunan basement Alun-alun Suroboyo yang berada di Jalan Yos Sudarso. Mereka berharap jalan tersebut dapat segera kembali beroperasi pada bulan Maret depan. Sidak ini dipimpin Ketua Komisi C, Baktiono bersama bersama jajarannya.

“Tapi ada kendala di Jalan Pemuda Nomor 17. Karena itu memang hak pengelola lahan dan sudah sampai gugatan. Jadi itu sudah dimiliki oleh seorang pengusaha yang sudah habis HPL-nya. Hanya saja mereka yang bersangkutan menggugat agar mendapatkan hak pengolahan lagi,” ungkap Baktiono saat di sela-sela sidak basement Alun-alun Suroboyo, Jumat (21/2/2020).

Baktiono mengungkapkan, kendati demikian Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya masih bersikeras menggunakan jalan tersebut untuk kepentingan masyarakat, meskipun saat ini dalam proses banding dan dimenangkan Pemkot Surabaya. Pada rencana awalnya, jalan ini akan digunakan untuk UKM-UKM binaan Pemkot.

Menurutnya proses pembangunan di Jalan Pemuda 17 itu masih belum dapat dilanjutkan, karena adanya sengketa lahan ini antara pemerintah kota Surabaya dengan pengusaha tersebut.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini ada keputusan yang mempunyai kekuatan hukum, dan nantinya bisa dilanjutkan kembali proses pembangunan alun-alun yang ada di basement untuk kepentingan warga semua,” ujarnya.

Ia menjelaskan, target yang ada di saat ini sesuai dengan perencanaan. Namun untuk target berikutnya masih menunggu keputusan pengadilan.

“Karena memang menunggu sampai ada keputusan pengadilan yang inkrah,” kata Baktiono.

Sementara itu, Kabid Gedung dan Bangunan DKPCKTR Surabaya Iman Krestian menyatakan, pada bulan Maret, bagian atas basement akan dibuka kembali untuk umum. Basement tersebut dapat dilalui kendaraan.

“Hanya saja, bisa dilalui kendaraan separuh kendaraan dan satu arah. Dari arah Gubernur Suryo ke Yos Sudarso masih ditutup. Tapi harapan kita gak terlalu jauh dari pembukaan separuh itu sudah kebuka semua. Mungkin pertengahan Maret sudah kebuka semua,” tutur Iman.

Kendati demikian, ia juga menjelaskan jika proses pengaspalan di atas basement Jalan Yos Sudarso akan dimulai 24 Februari mendatang. lalu dibuka sebagian pada 28 Februari. Kemudian Maret akan dibuka total dan diuji coba terlebih dahulu.

“Nanti ada loading test karena memang test kemampuan berat 90 ton,” tutup Iman.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana