Dishub: Kami Akan Upayakan Tambah Fasilitas di MERR II-C Sisi Barat

SURABAYA-SUREPLUS: Pemerintah Kota (pemkot) Surabaya akan memulai pembenahan dan penambahan akses transportasi publik, setelah meresmikan MERR II-C sisi barat. Kedua hal tersebut meliputi halte, shelter dan pool untuk Surabaya bus dan bus umum lainnya.

Kepala Dinas Perhubungan Surabaya, Irvan Wahyu Drajat mengaku belum bisa memastikan kapan pembangunan shelter, halte dan pool-nya dimulai. Ia masih akan memantau kondisi dan situasi lalu lintas selama sebulan sejak diresmikan.

“Jadi pemantauan MERR II-C sisi barat dan timur kita uji dan mulai. Nantinya kami akan evaluasi seminggu sekali, karena karakteristik setiap pengguna jalan per harinya berbeda,” ungkap Irvan saat peresmian jalan MERR II-c sisi barat, Minggu (15/2/2020).

Meskipun begitu, Irvan menjelaskan pihaknya telah mengupayakan keamanan di sepanjang MERR II-C Gunung Anyar itu. Mulai dari pengoperasian 10 CCTV dengan teknologi face recognition yang terintegrasi dengan Dinas Komunikasi dan Informasi Surabaya.

“Kalau dari CCTV itu sudah cukup canggih untuk mengenali pengguna jalan bahkan saat malam hari. Didukung juga sama lampu penerangan, dan petugas gabungan dari TNI dan Polri. Jadi siapapun yang melanggar akan cepat terdeteksi,” ujarnya.

Kendati demikian, Irvan berdalih sempat kerepotan saat akan memasang marka, traffic light dan rambu-rambu jalan di ujung yang berbatasan dengan Sidoarjo.

“MERR ini menjadi perhatian khusus karena memang pintu masuk kota. Sama dengan jalan Ahmad Yani dan Jalan Menganti. Jadi, satu sisi, soal koordinasi antar pemkot untuk jalan-jalan penghubung antar kota,” pungkas Irvan.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana