Polda Jatim Akan Serahkan Berkas Kasus Investasi MeMiles Pada Kejaksaan

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, di Mapolda Jatim.

SURABAYA-SUREPLUS: Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim), akan menyerahkan berkas kasus investasi bodong MeMiles pada jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksajaan setempat pada hari ini, setelah memastikan berkas perkara lengkap.

“Kasus MeMiles ini sudah dua bulan lebih, tepatnya sejak Desember 2019 sampai sekarang. Pihak penyidik menyatakan berkas perkara sudah lengkap,” ungkap Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, di Polda Jatim, Selasa (11/2/2020).

Truno mengungkapkan, selama penyidikan pihak kepolisian menetapkan lima tersangka kasus MeMiles, memeriksa sebanyak 56 saksi, mendata 700 korban serta mengumpulkan barang bukti terkait.

“Bukti yang lain seperti uang tunai terakhir Rp 147,8 miliar, 28 unit mobil dan tiga sepeda motor, ini merupakan bagian dari kelengkapan berkas,” ujarnya.

Meski dinyatakan lengkap, kepolisian sendiri masih menunggu kepastian proses hukum dari JPU. Hal tersebut, lantaran berkas perkara penyidikan masih akan diperiksa ulang oleh JPU.

“JPU ini nanti akan melakukan penelitian berkas perkara, apakah dikatakan lengkap, apakah ada petunjuk. Tentu ada petunjuk dari kejaksaan kepada penyidik,” kata Truno.

Ia menjelaskan, jika berkas perkara dipastikan lengkap oleh pihak JPU, Polda Jatim segera menyerahkan tahap dua. Dalam tahap dua, nantinya seluruh alat bukti dan tersangka diserahkan kepada kejaksaan.

Kendati demikian, untuk pemeriksaan lanjutan saksi dari beberapa artis, penyidik akan memanggil apabila JPU menilai laporan dalam berkas perkara masih kurang. “Tentu nanti bisa saja dari penelitian kejaksaan diperlukan untuk ditambahkan, kami terus kami melakukan pemeriksaan terhadap para publik figur ini,” tutup Trunoyudo.[DEWID/DM)

Editor: Dony Maulana