Tapak Kesuksesan Besar Produser Film Raam Punjabi

[caption id="attachment_15978" align="aligncenter" width="680"] Raam Punjabi, produser film sukses asal Surabaya yang telah memiliki sejumlah rumah produksi besar di tanah air.[/caption]

SURABAYA-SUREPLUS: Menapaki jalan kesuksesan tiap individu merupakan keunikan tersendiri dalam kehidupan manusia. Seperti yang dialami oleh Raam Punjabi, seorang produser film sukses dengan rumah produksi Multivision Plus. Pria dengan kegemilangan karir ini lahir dari pasangan Jethmal Tolaram Punjabi dan Dhanibhai Jethmal Punjabi di Surabaya, 6 Oktober 1943.

Insan keturunan India ini memang sejak kecil memiliki kegemaran tersendiri saat menonton film dan sangat suka pergi ke bioskop. Ia berhasil menyelesaikan pendidikan SMA di tahun 1958. Kemudian dirinya melanjutkan sekolah tinggi di bidang Accounting dan Businessman pada  tahun 1959.

"Saya pernah kerja juga di perusahaan tekstil selama setahun tahun 62 dulu. Dari sanalah saya mulai mencari-cari peluang untuk bekerja di dunia film," ungkap Raam, seperti yang tertulis dalam keterangan resminya, Sabtu (25/1/2020).

Saat berusia 20 tahun, ia mulai mencoba memproduksi film. Bersama Dhamoo dan Gobind Punjabi, Raam bekerja menjadi importir film di PT Indako Film pada 1967. Berlanjut ke tahun 1971, Raam mendirikan PT Panorama Film dan memproduksi film Indonesia pertama berjudul 'Mama' bersama PT Aries Internasional Film.

Prestasinya mulai beranjak naik di film ketiga berjudul 'Pengalaman Pertama'. Di kala itulah, Raam Punjabi kemudian mendirikan PT Parkit Film pada 1979. Saat itu merupakan tahun keterpurukan film Indonesia, yang membuat Raam akhirnya mengembangkan film komedi 'Warkop' (Warung Kopi) bersama Dono, Kasino dan Indro.

"Lalu di tahun 1988, saya membangun PT Tripar Multivision Plus dengan modal Rp 250 juta. Selanjutanya, saya melihat potensi dunia sinetron di Indonesia untuk akhirnya saya nyemplung ke dalamnya," ujarnya.

Sampai sekarang, karya-karya Raam Punjabi masih dinikmati masyarakat tanah air. Selama puluhan tahun dirinya berkarier, Raam Punjabi sudah menghasilkan sekitar 20 ribu jam dan 202 judul film. Disamping profesinya sebagai seorang produser, Raam juga memiliki bisnis impor film.

"Puji syukur sekarang sudah ada jaringan bioskop Platinum Cineplex di empat negara Asia Tenggara, yakni Indonesia, Timor Leste, Kamboja, dan Vietnam," tutup Raam.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana

Posting Komentar

0 Komentar