Surabaya Tambah 3 Pusat Belanja Meski Punya Mal Terluas di Indonesia

[caption id="attachment_15866" align="aligncenter" width="750"] Suasana Mal di Surabaya[/caption]

SURABAYA-SUREPLUS: Pakuwon Mall Surabaya di gadang-gadang sebagai pusat perbelanjaan terluas di Indonesia. Meski demikian, hal itu tidak mengurangi developer untuk menambah pusat perbelanjaan. Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto, pada tahun ini terdapat tiga pusat perbelanjaan yang akan beroperasi.

"Proyek baru rencananya di bagian selatan dan timur Surabaya," kata Ferry seperti yang tertulis dalam keterangan resminya, Kamis (16/1/2020).

Tiga pusat perbelanjaan tersebut, yakni Ciputra World Surabaya Mall 2 di Surabaya Selatan, East Cost Center 2 di Surabaya Timur, dan Lagoon Avenue Sungkono di Surabaya Selatan. Masing-masing mal tersebut dikembangkan oleh PT Ciputra Development Tbk, PT Pakuwon Jati Tbk, dan PT PP Properti Tbk.

Total keseluruhan luas area efektif ketiga pusat perbelanjaan tersebut sekitar 80.000 meter persegi. Angka ini lebih luas banyak jika dibandingkan tahun 2019 yang hanya tercatat satu pusat perbelanjaan. Dengan beroperasinya ketiga mal itu akan menambah total pasokan ruang ritel kumulatif menjadi 1,21 juta meter persegi.

"Menurut saya, tingkat hunian juga akan turun lebih dalam tambahan pasokan yang lebih besar saat pertama, tapi di samping itu sewa juga akan sedikit bergerak," ujarnya.

Penambahan pasokan baru ini pun diproyeksikan turut memengaruhi tarif sewa rata-rata. Mal- mal kelas atas diperkirakan akan tetap menahan harga sewa untuk menjaga tingkat hunian. Meski demikian terbuka peluang bagi pusat- pusat perbelanjaan tersebut untuk menaikkan tarif sewa.

"Tidak hanya itu, dalam dua tahun ke depan atau kurun 2021-2022 akan ada lima mal tambahan lagi yang akan dibuka di Surabaya," kata Ferry.

Kelima mal tersebut adalah Capital Square di Selatan Surabaya yang dikembangkan PT Greenwood Sejahtera, Lagoon Avenue Dharmahusada di Surabaya Timur yang dibangun PT PP Properti Tbk, dan Ciputra Mal di Surabaya Barat milik PT Ciputra Development Tbk.

"Lalu Citraland Vittorio Lifestyle Mall di Surabaya Barat yang juga dimiliki PT Ciputra Development Tbk, dan Eastcovia Mall di Surabaya Timur yang dibangun oleh PT Bumi Wahana Nusantara," tutup Ferry.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana

Posting Komentar

0 Komentar