SD Muhammadiyah 12 Surabaya Gelar Lomba Mancing Sampah Minimalisir Banjir

[caption id="attachment_15801" align="aligncenter" width="620"] Siswa siswi SD Muhammadiyah 12 Surabaya saat 'Mancing Sampah' di sungai Gundih.[/caption]

SURABAYA-SUREPLUS: SD Muhammadiyah 12 Surabaya, menghelat lomba memancing yang dikuti oleh ratusan siswa dan siswi di Sungai Gundih, Surabaya. Para pelajar ini tidak memancing ikan, namun mereka harus beradu cepat mengkail sampah yang terbawa arus sungai.

Kepala sekolah SD Muhammadiyah 12, Bayu Setya mengatakan kegiatan yang dilaksanakan peserta didiknya ini merupakan kegiatan rutin yakni Jumat Bersih. Ia mengatakan sebagaimana diketahui masyarakat, memasuki awal tahun 2020 Indonesia disambut cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas tinggi di beberapa wilayah termasuk di kota Surabaya.

"Sebab, salah satu pemicu banjir saat musim hujan adalah ketika banyak saluran air tersumbat oleh sampah-sampah," ungkap Bayu di sela-sela kegiatan 'Mancing Sampah', Sabtu (11/1/2020).

Menurutnya, para siswa dan siswi terlihat sangat antusias dalam aksi mancing sampah di sungai tersebut. Setiap sampah yang dikumpulkan siswa dapat ditukarkan voucher, yang bisa dibelikan jajanan di kantin sekolah.

Dia berharap semua pihak juga turut menjaga agar aliran sungai terbebas dari sampah, pun bagi siswa harus peduli kebersihan sungai saat musim hujan.

"Kami memilih sungai Gundih daripada sungai yang terdekat dengan lokasi sekolah dalam melakukan kegiatan mancing sampah. Ini agar siswa bisa melihat secara langsung bagaimana mengelolah lingkungan sungai agar lebih bersih dan terawat di daerah Gundih Surabaya," ujarnya.

Kendati demikian, ia sangat berekspektasi kegiatan aplikatif ini bisa memberi pengetahuan sekaligus pengalaman bagaimana peduli pada lingkungan sekitar sejak dini kepada para siswa, untuk selanjutnya dapat mereka terapkan di waktu mendatang.

"Karena sungai bersih menghindarkan kita dari banjir," tutup Bayu. [DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana

Posting Komentar

0 Komentar