OWSD Indonesia Gandeng Kampus Teknologi Gelar Rapat Tahunan

[caption id="attachment_15716" align="aligncenter" width="1024"] Sri Fatmawati sebagai Presiden OWSD Indonesia (Kiri) membuka kegiatan Rapat Tahunan OWSD Indonesia bersama Wakil Rektor I ITS Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Adi Soeprijanto.[/caption]

SURABAYA-SUREPLUS: Organization for Women in Science for the Developing World (OWSD) gelar Rapat Tahunan OWSD Indonesia 2019 dalam rangka mempererat internal organisasi. Berkolaborasi dengan Institut Tekonologi Sepuluh Nopember (ITS), kegiatan yang dihadiri anggota OWSD Indonesia dari berbagai provinsi ini dab berlokasi di Gedung Rektorat Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Presiden OWSD Indonesia, Sri Fatmawati mengatakan OWSD Indonesia National Chapter merupakan organisasi yang menggabungkan perempuan peneliti Indonesia. Organisasi ini bertujuan untuk memperkuat peran mereka dalam proses pembangunan dan promosi dalam bidang keilmuan sains dan teknologi.

“Mulai dari dosen, peneliti, dan para ahli berbagai bidang yang menempuh doktor dan master di dalam maupun di luar negeri turut bergabung di sini,” ungkap Sri di sela acara rapat tahunan di ITS, Sabtu (4/2/2019).

Sri mengungkapkan, para anggota diharapkan aktif dalam memberikan ide dan saling mendukung satu sama lain. Selain itu, ia berekspektasi juga agar sesama anggota memiliki satu misi yang sama dalam pemberdayaan perempuan, sebagai salah satu solusi dari permasalahan yang dihadapi Indonesia,

“Perempuan peneliti dapat berkontribusi dan berkolaborasi dalam berbagai hal untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini turut menjadi wadah evaluasi bagi seluruh anggotanya. Hal tersebut, lantaran kebanyakan dari mereka memiliki kesibukan dengan aktivitas keilmuannya masing-masing. Evaluasi lainnya yaitu terkait pentingnya strategi dan usaha yang lebih baik lagi untuk mendapatkan pendanaan program atau aktivitas kedepannya.

"Jadi saya berharap setelah member nasional, kita dapat mengubah status sebagai member internasional, sehingga lebih banyak keuntungan yang akan didapat,” kata Sri.

Ia menjelaskan, kegiatan ini berpotensi mempererat hubungan antar anggota dan meningkatkan kerjasama, maupun kolaborasi penelitian di bidang sains dan teknologi beserta dengan pihak luar.

"Ini merupakan misi OWSD Indonesia dalam menciptakan masa depan Indonesia yang lebih baik,” ucapnya.

Senada dengan Sri, Wakil Rektor I ITS Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Adi Soeprijanto memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan langkah positif dari para perempuan peneliti di Indonesia.

“Terus jalin kolaborasi, fokus pada kegiatan yang dijalankan hingga tuntas agar hasilnya maksimal,” tutur Adi. [DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana

Posting Komentar

0 Komentar