Khofifah Tinjau Desa Terdampak Banjir di Kabupaten Gresik






[caption id="attachment_15786" align="aligncenter" width="952"] Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat meninjau desa terdampak banjir di Gresik[/caption]

SURABAYA-SUREPLUS: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa beserta jajarannya meninjau salah satu desa yang terkena dampak banjir luapan Kali Lamong di Kabupaten Gresik. Selain menyapa warga, Ia sempat meminta warga untuk bersabar dengan kondisi yang dialami.

"Besok kami akan Rapat Koordinasi terkait Perpres Nomor 80 yang baru terbit tanggal 25 November 2019 kemarin. Ini Perpres soal percepatan pembangunan ekonomi di Jawa Timur," ungkap Khofifah, seperti yang tertulis dalam keterangan resminya, Jumat (10/1/2020).

Khofifah mengungkapkan, mengacu dari Perpres Nomor 80 Tahun 2019 dirinya optimistis problematika Kali Lamong bakal akan dilakukan penanganan. Hal ini, lantaran Kali Lamong merupakan salah satu proyek strategis nasional.

"Dalam lampirannya Perpres itu ada kebinamargaan, ada keciptakaryaan, itu ada item di lampirannya satu dari 218 proyek strategis nasional itu ada tanggul Kali Lamong. Sementara ini sudah dianggarkan Rp 1,1 triliun dari APBN," ujarnya.

Menurutnya, dengan kesepakatan bersama dari para pemangku kebijakan daerah terdampak, akan mempercepat program pembuatan tanggul di Kali Lamong terlaksana dan tepat sasaran.

"Sehingga menjadi salah satu point penting untuk mengkomunikasikan lebih awal, menyosialisasikan kepada masyarakat, yang kemungkinan kalau tanggul ini dibangun akan direlokasi misalnya," kata Khofifah.

Kendati demikian, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengatakan supaya tidak ada pihak yang saling menyalahkan terkait penanganan Kali Lamong, yang saat ini kembali meluap dan menggenangi pemukiman warga maupun akses jalan.

"Untuk permasalahan Kali Lamong, saya minta jangan ada yang menyalahkan. Semua harus duduk bareng, baik yang di muara, hulu maupun hilir, sama-sama bertanggung jawab untuk mencari solusinya," tutup Sambari.[DEWID/DM]



Editor: Dony Maulana


Posting Komentar

0 Komentar