Kerajaan Bisnis Milik Hermanto Tanoko Merajalela

[caption id="attachment_15807" align="aligncenter" width="677"] Hermanto Tanoko, pebisnis asal Surabaya yang memiliki bisnis merajalela di nusantara.[/caption]

SURABAYA-SUREPLUS: Kesuksesan tak memandang siapapun dalam pencapaiannya. Seperti yang dialami oleh Hermanto Tanoko, seorang pebisnis asal Surabaya yang telah menggapai berbagai macam pencapain selama perjalanan karirnya.

Hermanto adalah owner hotel bintang lima, yang dibangun senilai Rp 1,8 triliun. Hotel mewah tersebut ada di bawah naungan perusahaan bernama Tanly Hospitality. Selain Vasa, perusahaan ini juga menaungi Cleo Business Hotel, dan Hotel Solaris.

Faktanya, Hermanto Tanoko merupakan putra dari pendiri perusahaan cat Avian, Soetikno Tanoko (Tan Tek Swie) berawal dari toko cat di Malang pada tahun 1962. Toko kecil itu merupakan cikal bakal dari PT Avia Avian yang memproduksi cat tembok, besi, kayu, hingga otomotif.

"Saya sendiri sudah bekerja di perusahaan milik ayah selama 32 tahun, sampai sekarang. Jabatan pertama saya dulu adalah Managing Director of Operations, hingga saat ini Presiden Komisaris," ungkap Hermanto, saat berada di Surabaya.

Hermanto mengungkapkan, saat ia memegang kendali perusahaan ini cat Avian juga memiliki track record positif . Pada tahun 2018, pertumbuhan perusahaan ini telah mencapai 20 persen. Kemudian ditahun 2019, mereka membuka kantor pemasaran di Jayapura. Lalu dilanjutkan dengan membuka kantor di Sorong, Ternate, Payakumbuh, dan Sintang.

"Selain berkecimpung di bidang cat, saya juga Presiden Komisaris dari Tanobel Food (PT Sariguna Primatirta), yang mambawahi beberapa produk consumer goods. Contohnya seperti air mineral Cleo, Herbal & Healthy, Roller, dan Mmmilk Crack It. Pantesan saja dia punya hotel yang namanya Cleo," ujarnya.

Pria jebolan IBMT School of Management Surabaya ini juga berhasil membawa brand Cleo laris di pasaran. Benar saja, sejak Januari hingga September 2017, omzet penjualan air minum ini naik jadi Rp 440 miliar. Nama perusahaan ini juga diambil dari nama keluarga pendirinya. Tan dari Tanoko, sementara itu Nobel artinya adalah produk berkualitas tinggi.

Selain cat dan consumer goods, Hermanto juga memiliki bisnis di sektor properti yang moncer. Di tahun 2019, perusahaan ini menargetkan proyek pembangunan apartemen The 100 Residence di kawasan Gubeng Surabaya. Kabarnya, mereka pun berinvestasi di proyek ini dengan nilai Rp 400 miliar.

"The 100 Residence ini memiliki konsep privasi dan prestige, dengan jumlah unit yang terbatas, yakni 166 unit serta ditunjang dengan fasilitas privat lift. Proyek ini memiliki 3 tipe unit di antaranya 2 bedroom, 3 bedroom dengan luas mulai 122 m2 hingga 164 m2, serta tipe penthouse," kata Hermanto.

Selain memiliki banyak perusahaan, Hermanto Tanoko juga menjabat sebagai Komisaris Depo Bangunan. Depo Bangunan adalah marketplace bahan bagunan yang sering mendapat penghargaan bisnis dan kepuasan konsumen di Indonesia.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana

Posting Komentar

0 Komentar