Kampus Surabaya Sinergi dan Kembangkan Riset Obat Herbal Negeri

[caption id="attachment_15990" align="aligncenter" width="1280"] Sinergisitas Ubaya yang menggandeng beberapa instansi untuk riset obat herbal negeri[/caption]

SURABAYA-SUREPLUS: Salah satu kampus di kota Surabaya, yakni Universitas Surabaya (Ubaya) saat ini tengah mengembangkan riset dan penggunaan obat herbal Indonesia, dengan menerapkan sinergi jejaring Heksa Heliks.

"Ini merupakan sinergi jejaring heksa heliks antara Ubaya sebagai akademisi, yang mana menggandeng pihak dari pemerintah, investor, media serta komunitas," ungkap Suyanto, selaku Ketua LPPM Ubaya saat dihubungi reporter Sureplus.id via ponsel, Senin (27/1/2020).

Suyanto mengungkapkan, konsep sinergi jejaring heksa heliks awalnya bermula dari teori tripel helix. Ia berekspektasi dari sinergi jejaring heksa heliks ini menghasilkan terwujudnya sirkulasi pengetahuan antar pihak yang terlibat.

"Sehingga nantinya, dapat menciptakan berbagai inovasi pengetahuan yang berpotensi untuk dijadikan produk maupun jasa dibidang obat herbal bernilai ekonomis," ujarnya.

Menurutnya, Ubaya memiliki tiga pilar cluster riset yang dikembangkan dalam hal penelitian, salah satunya adalah healthy living, yang berfokus pada kesehatan melalui pengembangan obat herbal.

"Kami ingin menunjukkan kepada pihak eksternal bahwa perguruan tinggi khususnya Ubaya, tidak hanya melakukan riset yang hanya sebatas laporan meja, namun berpotensi membuka peluang bisnis dan menghasilkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat," kata Suyanto.

Salah satu produk risetnya, yakni produk minuman herbal yang dipegang oleh Pusat Informasi dan Pengembangan Obat Tradisional (PIPOT) di Fakultas Farmasi Ubaya, yang bernama Rosella Herbal Drink.

Kartini, yang merupakan ketua PIPOT Ubaya menjelaskan Rosela Herbal Drink merupakan minuman kesehatan yang diproduksi dari bunga Rosella dengan manfaat dan kebaikan bagi tubuh.

"Bunga Rosella yang kami olah memiliki banyak khasiat seperti antibakteri, antifungsi, antioksidan, melindungi hati, mencegah kanker, antiobesitas, antidiabet dan anthipertensi. Warna merah pada minuman Rosella Herbal Drini disebabkan karena adanya kandungan senyawa antosianin yang baik bagi tubuh sebagai antioksidan," tutur Kartini.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana

Posting Komentar

0 Komentar