Demi Keamanan Perairan Indonesia, Panglima TNI Resmikan Berdirinya Pusinfomar



[caption id="attachment_15744" align="aligncenter" width="800"] Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjono meresmikan Pusat Informasi Maritim sekaligus melantik Kepala Pusinfomar Kolonel Laut (P) Andi Abdul Azis di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Senin (6/1/2020) - Foto : Pelita[/caption]

Wilayah laut Indonesia sejak lama menjadi lalu lintas perekonomian mancanegara dengan nilai ekonomi yang sangat besar setiap tahunnya. Oleh karena itu, Indonesia memerlukan upaya pengelolaan wilayah laut secara terintegrasi yang menyatukan seluruh potensi sumber daya yang menjadi stakeholder kemaritiman. Hal itulah yang mendasari berdirinya Pusat Informasi Maritim (Pusinfomar).




Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam sambutannya pada peresmian Pusinfomar TNI di Mabes TNI di Jakarta, Senin (6/1/2020) mengatakan, "Dengan terbentuknya Pusinformar TNI ini harapannya perairan Indonesia akan semakin terjaga dan menjadi kontribusi positif pada kemajuan Indonesia sekaligus perdamaian dan kemajuan dunia.


"Sebagai negara maritim dengan ribuan pulau, Indonesia memang memiliki tantangan kelautan yang sangat besar," lanjut Hadi.


Upaya menjaga perairan itu merupakan bentuk sinergitas kementerian dan lembaga terkait dalam menghadapi kompleksitas permasalahan maritim. Hal tersebut tidak terlepas dari kemajuan teknologi itu sendiri. Terutama teknologi komunikasi yang memberikan berbagai kemudahan untuk mendapatkan manfaatkan dengan baik. Hadi mengungkapkan, upaya pengamanan kemaritiman melalui pusat informasi sebelumnya sudah dilakukan sejumlah negara tetangga. Misalnya Singapura, Malaysia dan India.


Dalam penerapannya, teknologi penginderaan jarak jauh yang dikombinasikan dengan teknologi komunikasi memungkinkan berbagai instansi terkait menerima informasi secara cepat.


"Melalui Pusat Informasi Maritim TNI berharap, sinergi kementerian dan lembaga yang ada dapat berjalan lebih baik," kata Hadi.


Dalam peresmian Pusinfomar itu, Panglima TNI juga melantik Kepala Pusinfomar TNI Letkol Laut (P) Andi Abdul Azis. Dalam tugas sehari-harinya, Pusinfomar TNI ada di bawah pembinaan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji. Adapun, Pusinfomar TNI dibentuk berdasarkan Peraturan Panglima (Perpang) TNI Nomor 39 Tahun 2019 Tentang organisasi dan tugas Pusinfomar TNI tanggal 3 Desember 2019. Adapun Pusinfomar TNI dibentuk berdasarkan Peraturan Panglima (Perpang) TNI Nomor 39 Tahun 2019 Tentang organisasi dan tugas Pusinfomar TNI tanggal 3 Desember 2019. (FF)

Posting Komentar

0 Komentar