CKB Logistics Antisipasi Pertumbuhan Industri Jatim Dengan Gudang Baru di Surabaya

[caption id="attachment_16031" align="aligncenter" width="640"] President Director CKB Logistics Iman Sjafei, Komisaris CKB Logistics Achmad Ananda dan Business Director of Logistics & Distribution CKB Logistics Ety Puspitasari saat peresmian perluasan fasilitas gudang baru di kawasan Hub Logistik CKB Surabaya di Central Osowilangon Business Park, Surabaya.[/caption]

SURABAYA-SUREPLUS: PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics), yang merupakan anak perusahaan PT ABM Investama Tbk (ABMM), meresmikan operasional ekspansi gudang baru di kawasan Hub Logistik CKB Surabaya.

President Director CKB Logistics, Iman Sjafei menyatakan bahwa ekspansi gudang baru di Hub Logistik Surabaya ini, adalah strategi perusahaan dalam mengantisipasi pertumbuhan industri di Jawa Timur (Jatim) dan kawasan Indonesia Timur.

"Strategi kami beriringan dengan rencana pemerintah pusat yang mengarahkan fokus pembangunan infrastruktur dan kawasan industri ke wilayah Indonesia Timur," ungkap Iman, saat meresmikan fasilitas gudang baru di kawasan Hub Logistik CKB Surabaya, Jumat (31/1/2020).

Iman mengungkapkan, Jawa Timur saat ini merupakan lokasi strategis untuk pengembangan bisnis perusahaan. Terhitung kontribusi fasilitas gudang di Surabaya terhadap total pendapatan sebesar 30 persen. Keberadaan Hub Logistik di Surabaya, merupakan yanh terbesar kedua setelah Jakarta dengan okupansi sekitar 80 persen.

"Hub Logistik di Central Osowilangon Business Park ini kami anggap strategis, lantaran dekat dengan pelabuhan Tanjung Perak dan Teluk Lamong, bandara Juanda. Selain itu akses jalan tol yang berada di kawasan industri dan gudang yang modern, dan didukung dengan layanan logistik yang terpadu," ujarnya.

Pun area warehouse ini didukung sistem teknologi informasi dan komunikasi, dan tak luput pengawasan barang yang efektif. Hub Logistik Surabaya ini difokuskan untuk mendukung para pelaku industri yang bergerak di sektor pertambangan dan minyak/gas yang memiliki wilayah kerja di Jatim dan Indonesia Timur.

"Jenis barang yang disimpan dan dikelola di fasilitas ini, mulai dari alat berat pertambangan, spareparts, ban, besi baja, bahan baku tekstil, bahan baku tembakau dan kemasan," kata Iman.

Ia menjelaskan, gudang baru ini juga dilengkapi dengan fasilitas gudang Pusat Logistik Berikat (PLB) seluas 8.500 meter persegi (m2) yang terbagi menjadi gudang tertutup dan terbuka.

"Sejalan dengan meningkatnya kebutuhan fasilitas gudang, CKB akan menambah luas PLB di kawasan tersebut. Kita akan tambah PLB lagi sehingga luas sekarang sekitar 10 hektare akan menjadi 15 hektare dengan investasi jangka panjang sebesar Rp 60 miliar,” ucapnya.

Kendati demikian, selain di kawasan Osowilangon itu CKB Logistics juga memiliki fasilitas gudang PLB di kawasan Pergudangan Margomulyo seluas 5.000 m2. Secara nasional CKB Logistics memiliki 7 pusat logistik berikat yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Selain Surabaya, lokasi fasilitas PLB CKB Logistics berada di Jakarta (Cakung dan Marunda), Cilegon, Karawang dan Balikpapan (Somber). Okupansi mereka rata-rata diatas 80 persen," tutup Iman.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana

Posting Komentar

0 Komentar