CIO Forum 2020, Aisindo Support Penuh Pengembangan SDM Sistem Informasi

[caption id="attachment_16016" align="aligncenter" width="798"] Tony Dwi Susanto (kiri), Presiden AISINDO 2014-2019 dan Presiden terpilih AISINDO 2020-2024, Abdul Ghofur (kanan) bersama Wagub Jatim, Emil Dardak Elastianto saat pembukaan CIO Forum & Annual Meeting AISINDO.[/caption]

SURABAYA-SUREPLUS: Indonesian Chapter of Association for Information Systems Indonesia (Aisindo) menyatakan dukungan penuh, untuk pengembangan SDM sistem informasi di Indonesia. Hal itu mereka aplikasikan dengan menghelat acara Aisindo IS Chief Information Officer (CIO) Forum 2020. Berlokasi di Hotel Garden Palace, forum ini mengusung tema ‘SDM Sistem Informasi untuk Indonesia Maju’.

Forum ini dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak dan dihadiri oleh perwakilan dari praktisi dan akademisi, perwakilan dari Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Surabaya, Hipmi (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Surabaya, pimpinan-pimpinan perguruan tinggi khususnya dari departemen Sistem Informasi di seluruh Indonesia, pimpinan startup, professional serta berbagai komunitas yang ada di Surabaya dan Jawa Timur.

“Tidak lagi melihat dari latar belakang pendidikan, siapapun saat ini bisa belajar soal IT. Indonesia membutuhkan para profesional yang menguasai ilmunya hingga akar,” ungkap Emil, saat membuka Aisindo IS Chief Information Officer (CIO) Forum, di Hotel Garden Palace, Surabaya, Kamis (30/1/2020).

Emil mengungkapkan, Aisindo dapat menjadi tempat pendorong riset-riset di berbagai bidang dengan ekosistem yang memadai untuk terwujudnya kolaborasi antara industri dan akademisi. Anggota dari Aisindo, harus berada di level prime developer, yang bisa membedah peralatan yang nantinya digunakan oleh para mid-level developer.

Senada dengan Emil, Presiden Aisindo 2014-2019 Tony Dwi Susanto menuturkan bahwa Aisindo sendiri merupakan ajang mempertemukan pemerintah dan industri. CIO Forum 2020 membawa pembicara-pembicara dari berbagai latar belakang, baik dari pemerintahan, industri, startups, dan akademisi, nasional maupun internasional.

“Tujuannya agar dapat memberikan pandangan menyeluruh terkait pengembangan dan pengelolaan SDM Sistem Informasi, secara nasional dan global,” ujarnya.

Sementara itu, Presiden terpilih Aisindo 2020-2024 Abdul Ghofur, mengklaim Aisindo menyambut dengan penuh semangat kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Kampus Merdeka.

"Di sini, Aisindo akan fokus pada poin kebijakan pembukaan Program Studi (Prodi) baru dengan regulasi yang lebih sederhana, dan kebijakan tiga semester di luar program studi," kata Abdul.

Kendati demikian, ia menjelaskan inovasi hanya bisa dilakukan jika ruang gerak tidak dibatasi. Serangkaian kegiatan dalam CIO Forum 2020 selama dua hari itu antara adalah  CIO Talks, IS Experts Talk, Workshop TOGAF, Kompetisi Ide Bisnis Digital Platform, serta Kompetisi Tugas Akhir Sistem Informasi.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana

Posting Komentar

0 Komentar