Alugoro, Pertahanan Laut Pertama Buatan Anak Bangsa

[caption id="attachment_15953" align="aligncenter" width="650"] Penampakan Kapal Selam Alugoro-405, pertahanan laut buatan anak bangsa pertama.[/caption]

SURABAYA-SUREPLUS: Alugoro, adalah kapal selam yang pertama kali dibuat oleh anak bangsa. Kapal selam yang diproduksi PT PAL (Persero) ini, seluruh proses produksinya berada di galangan kapal milik PT PAL, Surabaya.

"Kapal selam Alugoro ini, mempunyai panjang 61,3 meter. Alugoro mampu bergerak dengan kecepatan maksimal 21 knot saat menyelam dan kecepatan maksimal di permukaan 12 knot," ungkap Kepala Divisi Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero) Satriyo Bintoro, seperti yang tertulis di rilis, Jumat (24/1/2020).

Satriyo mengungkapkan, Alugoro sendiri merupakan Diesel Electric Submarine U209 / 1400 (KSDE U209 Chang Bogo Class), yang dipesan TNI Angkatan Laut hasil kerja sama antara PT PAL Indonesia (Persero) dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co., Ltd (DSME) Korea Selatan, dalam skema transfer teknologi.

"Indonesia sendiri memesan tiga kapal selam dari DSME, sebanyak dua unit sudah dibuat di Korea Selatan yaitu KRI Ardadedali 404 dan KRI Nagapasa 403 dan sudah digunakan TNI AL. Sedangkan KRI 405 Alugoro diproduksi di galangan kapal PT PAL," ujarnya.
Menurutnya, pembangunan Kapal Selam Alugoro menjadikan Indonesia menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu membuat kapal selam. Kendati demikian, Alugoro sendiri baru saja berhasil menjalani tahapan Nominal Diving Depth (NDD) di Perairan Utara Pulau Bali.


NDD merupakan bagian dari 53 item Sea Acceptance Test (SAT) yang mesti dipenuhi sebuah kapal selam. Dalam tes itu, Alugoro berhasil menyelam sedalam 250 meter. "Tahapan NDD ini sangat penting karena setelah tahapan NDD berhasil dilaksanakan dapat disimpulkan 90% proses pembangunan kapal selam telah berhasil," tutup Satriyo.[DEWID/DM]


Editor: Dony Maulana

Posting Komentar

0 Komentar