Pakuwon Group Optimis Pasar Properti Tahun Ini Akan Lebih Baik

Sutandi Purnomosidi, Direktur Pakuwon Group yang menyatakan properti di tahun ini akan lebih baik dibandingkan tahun lalu.

SURABAYA-SUREPLUS: Pengembang properti Pakuwon Group meyakini, bahwasanya pasar properti di tahun ini akan lebih baik dibandingkan tahun lalu. Hal tersebut, lantaran potensi besar yang dapat dikerjakan saat ini adalah segmen menengah.

Direktur Pakuwon Group, Sutandi Purnomosidi menyatakan dengan besarnya potensi pasar di segmen menengah, perseroan pun akan mengembangkan proyek yang akan menargetkan kelas menengah.

“Apabila menilik potensi, market menengah sangat besar. Dalam waktu dekat ini, kami akan garap middle class karena menurut kami, daya beli masyarakat masih ada dan middle ini adalah end user,” ungkap Sutandi saat berada di Surabaya, Kamis (30/1/2020).

Sutandi mengungkapkan, segmen menengah bukan hanya properti landed, namun juga high rise sudah bisa diterima masyarakat Surabaya, terutama kaum milenial.

“High rise terus akan jadi pilihan masyarakat sekarang, mereka juga sudah terbiasa tinggal di apartemen, apalagi apartemen dengan fasilitas ada malnya,” ujarnya..

Ia juga menjelaskan, dari keseluran proyek Pakuwon, sejauh ini komposisi high rise sekitar 70 persen, dan landed 30 persen. Sedangkan market kelas menengah berperan sekitar 50 persen dari total penjualan apartemen.

“Untuk tahun ini kami masih akan pertahankan komposisi pasarnya seperti tahun lalu, hanya saja tahun ini kami untuk pertama kalinya akan memfasilitasi middle class di properti landed house,” kata Sutandi.

Kendati demikian, Pakuwon juga akan melihat semua peluang dan potensi properti di semua daerah, terutama yang memiliki demografi kuat seperti Makassar. “Memang fokus kita selama ini Jakarta dan Surabaya, tapi semua peluang akan kita lihat. Pengembangan resort pun akan ada di beberapa daerah wisata seperti Bali, Labuan Bajo dan Mandalika,” tutup Sutandi.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana