Optimis Pasar Properti Masih Tumbuh Positif di Surabaya

Pengembang properti optimis pasar properti khususnya di Surabaya dan Jawa Timur masih tumbuh positif. FOTO: ISTIMEWA

SURABAYA-SUREPLUS: Kalangan pengembang properti optimis pasar properti khususnya di Surabaya dan Jawa Timur masih tumbuh positif. Ditinjau dari data statistik, pertumbuhan ini berada di kisaran 10 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Senior Director PT Ciputra Development Tbk, Sutoto Yakobus mengatakan, meski 2020 sudah tidak ada lagi agenda politik seperti 2019 yang cukup banyak berpengaruh terhadap sektor properti, tetapi pihaknya melihat tahun ini penjualan properti masih belum bergerak banyak.

“Saya sendiri masih belum tahu pasti dan masih belum kami pelajari banyak, karena ini baru awal tahun, tapi feeling saya tahun ini dibanding tahun lalu masih belum bergerak banyak, pertumbuhan paling 10%,” jelasnya di sela Pameran Foto My Flat World oleh Agung Krisprimandoyo, Ciputra World Surabaya, baru-baru ini.

Sutoto Yakobus juga memaparkan, kalau masih ada agenda politik pemilihan walikota di Surabaya yang diharapkan berpengaruh terhadap peningkatan daya beli masyarakat mengingat momen tersebut dipercaya banyak uang beredar dan mampu menggerakkan perekonomian.

Melihat perkiraan tren properti yang masih sama dengan 2019 atau yang cukup lesu, Ciputra Group tahun ini hanya akan menghabiskan sisa-sisa produk properti mulai perumahan Citraland, apartemen, office, dan soho di superblok Ciputra World Surabaya (CWS) maupun apartemen di Wiyung.

Selain itu, perseroan juga akan memulai pengembangan proyek baru yang sudah pernah dilaunching tahun lalu untuk direalisasikan tahun ini.

“Tahun ini proyek baru, tidak ada, tapi kami rutin membuat klaster-klaster dan tipe baru saja, karena masih ada proyek pengembangan kawasan perumahan di Driyorejo akan kita teruskan, lalu di Kedamean Gresik yang juga belum dimulai, tapi rencananya kita mulai kuartal II/2020,” jelasnya.

Sutoto menambahkan, melihat kinerja penjualan 2019, sejumlah proyek baik rumah maupun apartemen di Surabaya pasarnya tidak terlalu buruk tetapi mampu mencapai target. Hanya beberapa proyek seperti Citra Harmoni di Sidoarjo yang tidak capai target akibat banyak pembatalan pembelian.

“Justru pada 2019 yang tampak bagus dan suprise sekali penjualannya adalah proyek kita di Semarang. Ketiga proyek kita yakni BSB Citraland City Semarang, Citragrand Tembalang dan CitraSun itu semuanya bagus penjualannya,” imbuhnya.

Sutoto menambahkan, perbankan sudah banyak membantu dengan menawarkan berbagai program menarik, seperti KPR dengan bunga yang ringan dan tenor yang lama. Selain itu DP (uang muka) juga bisa lebih longgar, bahkan hingga 5-10 persen.

“Namun semuanya masih terasa gregetnya. Pertumbuhannya masih lambat. Karena itu kami perkirakan tahun ini kondisinya akan sama dengan tahunn lalu,” tambahnya.

Ciputra Group sendiri, pihaknya harus tetap optimistis dengan mematok target moderat tumbuh sekitar 10 persen. Hal ini karena ada beberapa proyek tahun lalu yang mencapai target, namun ada juga yang masih kurang dari target.[lana/DM]

Editor: Dony Maulana