Kiat Startup Bisnis Travel Fotografi Untuk Milenial

Seminar Comprest, kiat membangun bisnis lewat foto khususnya media sosial Instagram.

SURABAYA-SUREPLUS: Traveling saat ini telah menjadi bagian gaya hidup, bahkan candu bagi generasi milenial. Pada umunnya, mereka mengunjungi banya lokasi wisata  yang menawarkan latar Instagramable demi foto terbaik. Tidak menutup kemungkinan, saat ini banyak generasi milenial memilih bekerja sebagai influencer atau mendirikan starup dibidang traveling dengan menawarkan jasa fotografi.

Menanggapi hal tersebut, Direktur PT. Digital Paramuda Indonesia Irfan Faiz membeberkan beberapa kiat bagi milenial yang ingin memulai bisnis tersebut. Menurutnya, hal pertama yang harus dilakukan milenial yaitu menentukan ide. Dimana ide tersebut mempunyai ciri khas tersendiri dan tidak sama dengan yang lain.

“Contohnya kalian sudah punya ide jasa travel fotografi dengan menawarkan keindahan alam tempat yang kalian kunjungi. Yaudah kalian bisa mulai dengan memanfaatkan media sosial kalian,” kata Faiz di acara Comprest, Selasa (21/1/2020).

Faiz mengungkapkan, setelah ide ditemukan dan mulai mendatangkan followers, hal selanjutnya yang harus dilakukan yaitu menemukan tim untuk berkolaborasi dan mengekseskusi ide tersebut.

“Nah kalau ide dan tim ini sudah ada, yaudah langsung aja dieksekusi. Jangan sampai stak atau dibiarkan gitu aja. Karena kalau ada ide tanpa dieksekusi ya nggak bakal jadi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, travel fotografer dapat membantu mengangkat nama tempat pariwisata yang dikunjungi. Apalagi saat ini juga terdapat banyak platform penyedian berbagai layanan tiket hingga hotel dengan harga terjangkau.

“Karena semakin bagus foto yang kalian tawarkan, akan semakin mendatangkan turis-turis mancanegara atau wisatawan lokal untuk berkunjung di tempat tersebut. Dengan begitu jasa travel fotografi juga akan naik,” tutup Faiz.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana