Pasar Mobil Lesu, HSC Geber Promo di Awal tahun

Ilustrasi: Suasana pameran mobil di Surabaya. FOTO: SUREPLUS/DOK

SURABAYA-SUREPLUS: Awal tahun 2020, bisnis penjualan mobil dirasa masih memiliki kelesuan pada pangsa pasarnya. Honda Surabaya Center (HSC), Main Dealer resmi Honda wilayah Jawa Timur (Jatim) Bali genjot genjot penjualan dengan promo khusus jelang Imlek. Targetnya mampu menggenjot penjualan di semester pertama tahun 2020 ini.

Hal tersebut disebabkan tidak lain oleh penjualan tertinggi setiap tahunnya lebih didominasi sebesar 55 persen di semester ke 2. Namun, adanya Imlek serta moment lebaran di bulai Mei mendatang diharapkan gap antara semester pertama dan kedua bisa diperkecil. Sehingga penjualan tetap naik sepanjang tahun.

Kendati demikian, Wendy Mihardja, selaku Marketing and After Sales Service Director HSC di sela pameran di Pakuwon Mall, Rabu (15/1/2020), selama 2019 membukukan penjualan sebanyak 23.316 unit. Realisasi penjualan tersebut turun tipis dibanding dibanding target penjualan di 2019 yang sebanyak 23.550 unit.

Pada segmen LCGC, Honda Brio Satya telah meraih penjualan sebesar 8.216 unit. Sementara Honda Brio RS membukukan total penjualan 2.453 unit di segmen City Car. Di segmen LMPV, Honda Mobilio mencatat total penjualan sebesar 3.917 unit.

Sementara pada segmen LSUV, Honda HR-V 1.5 L menjadi kontributor ketiga dengan total penjualan 3.345 unit. Selanjutnya, Honda Jazz mencatat total penjualan sebesar 2.306 unit di segmen hatchback. Di kelas SUV, Honda CR-V meraih total penjualan 14.467 unit.

Sedangkan di segmen LSUV, Honda BR-V membukukan total penjualan sebesar 808 unit. Honda HR-V 1.8 L mencatat total penjualan 313 unit di segmen SUV. Honda Civic Hatchback membukukan total penjualan 284 unit di segmen Hatchback. Honda Civic Turbo mencatat total penjualan sebesar 116 unit dan Honda City mencatat total penjualan 35 unit di segmen Sedan.

Kemudian di segmen Medium Sedan, Honda Accord meraih total penjualan 31 unit. Honda Odyssey mencatat total penjualan sebesar 22 unit pada segmen Premium MPV. Sedangkan di segmen Sport Sedan, Honda Civic Type R membukukan total penjualan 3 unit.

“Untuk tahun ini, kami belum menargetkan berapa unit penjualan. Kita masih melihat situasi nasional dan juga global. Tapi kami harapkan setidak-tidaknya realisasi penjualan sama seperti tahun lalu,” katanya.

Dalam pameran di pusat perbelanjaan yang ada di Surabaya barat ini, imbuh Wendy, pihaknya menargetkan penjualan sebanyak 100 unit. Pameran digelar hingga Minggu (19/1/2020). Selama pameran, HSC juga memberi promo menarik. Diantaranya berupa lucky dip yang berisi diskon hingga Rp25 juta.

“Soal produk baru di tahun ini, kami belum bisa menyampaikan. Mungkin ada beberapa model yang akan mengalami penyegaran,” tandas Wendy.[lana/DM]

Editor: Dony Maulana