2020, BTN Targetkan Pasar Mienial

Ilustrasi. FOTO: Istimewa

Tak dapat dipungkiri, kaum milenial merupakan ‘pasar besar’ dalam dunia bisnis, termasuk perbankan. Untuk itu, tahun 2020 ini, PT Bank Tabungan Negara Tbk telah menyiapkan beberapa langkah strategis.

“Ada lima lima strategi yang disiapkan perseroan untuk mencapai target tersebut,” kata Direktur Utama Bank BTN Pahala N. Mansury, Kamis (9/1)

Pertama, BTN akan melakukan digitalisasi di semua lini persereoan.

Alasan Pahala, “Kalangan milenial menginginkan hal yang praktis. Dengan berbagai kemudahan digital yang kami miliki, kami membidik para milenial untuk dapat menjadikan Bank BTN sebagai rumah baik dalam bertransaksi maupun memiliki hunian,” katanya.

Untuk meningkatkan bisnis digital perseroan, Bank BTN juga akan mengakselerasi kemitraan dengan berbagai sektor, baik sektor perumahan maupun dengan para pemain di segmen fintech.

“Saya melihat fintech dapat menjadi partner bagi kami untuk sama-sama dapat memberikan pelayanan terbaik terutama bagi nasabah milenial,” jelas Pahala.

Tak hanya itu, perseroan akan menerapkan bisnis model yang baru yang lebih berfokus pada ritel serta wholesale funding. Langkah tersebut dilakukan untuk mengurangi biaya dana sehingga meningkatkan profitabilitas perseroan.

Langkah strategis lainnya yang akan dilakukan BTN adalah dengan mengembangkan segmen bisnis serta infrastrukturnya. Untuk mendukung pengembangan tersebut, Bank BTN akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan fokus pada peningkatan produktivitas serta kapasitas dengan tetap mengutamakan kehati-hatian.

Dan yang menarik, BTN ingin menempatkan posisinya tidak hanya sebagai bank spesialis perumahan sebagaimana dicitrakan selama ini, tapi juga sebagai bank tabungan sebagai tempat menabung khususnya bagi kaum milenial.(FF)