Cerita Sukses Pemuda Surabaya Dalam Bersaing di Bidang Desain  

Trida Trisna, Founder daripada jasa desainme.com asli Surabaya

SURABAYA-SUREPLUS: Berbagai inovasi kreatif telah banyak mengalami  perkembangan yang signifikan, disertai para pelaku dibalik usaha sukses sebuah produk. Seperti yang dialami pemuda asal Surabaya bernama Trida Trisna, seorang owner agency jasa desain desainme.com. Sampai sekarang, desainme.com telah berhasil membantu 11 ribu klien dengan proyek 150 desain per bulan.

“Pastinya, jumlah ini tidak datang tiba-tiba. Saya bersama tim harus bekerja extra untuk  promosi desainme.com. Saya awal dulu memasarkan jasa bisnis online kreatif terutama desain ke UMKM di sekitar domisili saya,” ungkap Trida seperti dalam keterangan resminya,

Trida mengungkapkan, berawalnya desainme.com lantaran banyaknya UMKM di Sidoarjo yang memproduksi barang-barang bagus, namun penjualannya mengalami kendala karena packaging yang kurang menarik untuk dijual.

Menurutnya, saat awal proses Trida tertarik untuk memasarkan secara manual ke pelaku UMKM. Namun, jasanya tersebut masih ditolak karena para pelaku UMKM merasa belum butuh jasa desain packaging. Dari sanalah, dia memulai pemasaran dengan mengunggah portofolio secara online.

“Seiring berjalannya waktu,  jasa desainme.com makin terkenal di masyarakat. Sudah banyak klien yang tertarik dan memesan jasa desain lalu kembali lagi untuk pemesanan kembali. Makin ke sini, kami semakin kewalahan dari UMKM, lalu dapat klien perusahaan bahkan sampai membantu artis yang sedang branding produk mereka,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa tidak akan pernah melupakan UMKM. Terlebih lagi, untuk membantu meningkatkan skill desain pelaku UMKM, Trida membuat kelas edukasi khusus untuk pengusaha pemula dan pelaku UMKM.

“Saya ingin mereka belajar seputar bisnis online kreatif agar brand mereka lebih diminati dari sisi visual dan mampu bersaing secara global,” kata Trida.

Kendati demikian, pemuda yang telah menggeluti bidang desain sejak usia 22 tahun ini mengaku coba-coba saat pertama kali bertemu dengan seni digital dan bisnis online kreatif. Lantaran faktor ekonomi keluarga, mengharuskan dirinya untuk mencari uang tambahan demi keperluan kuliah. Pada saat ituah Trida bekerja di perusahaan digital printing.

“Saya gak tau sama sekali tentang desain ataupun ilmu branding. Tapi saya belajar, belajar, dan belajar lagi. Akhirnya pelan-pelan saya memahami dan mempelajari desain dengan secara profesional,” ucapnya.

Trida juga memberikan tips rahasia untuk siapa pun yang ingin mencoba bisnis online kreatif. Dalam hal ini, kunci utamanya adalah konsisten. “Sekarang adalah awal mula yang baik karena semua bisa diakses dengan cukup cepat dan luas di dunia digital. Tergantung kita dapat memanfaatkannya itu sebagai peluang atau tidak,” tutup Trida.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana