Gili Ketapang Menjadi Alternatif Libur Panjang Tutup Tahun 2019

Snorkeling di Pulau Gili Ketapang, Probolinggo, Jawa Timur, menjadi favorit untuk liburan akhir tahun. FOTO: SUREPLUS/DONY MAULANA

PROBOLINGGO-SUREPLUS: Sebuah destinasi snorkeling Pulau Gili Ketapang di Probolinggo, Jawa Timur, menjadi favorit untuk liburan akhir tahun. Wisata yang cukup menantang andrenalin ini banyak diminati orang untuk menyatu dengan ekosistem bawah laut.

Pulau kecil dengan luas 64 hektar yang berada disisi Utara Probolinggo, Jawa Timur ini, memiliki sejumlah tempat wisata seperti Pantai Ekor, Gua Kucing dan wahana snorkeling yang sangat menantang andrenalin.

Lokasi ini banyak diminati kaum milenial baik dari dalam maupun luar kota untuk menyatu dengan ekosistem laut yang indah dan menakjubkan. Bahkan pulau yang terkenal dengan pasir putihnya ini juga banyak menarik wisatawan asing.

Destinasi wisata snorkeling di Gili Ketapang kian ramai dan menjadi tempat favorit liburan akhir tahun ini. Sementara, untuk menuju ke tempat tersebut, perjalanan yang harus ditempuh membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit menggunakan perahu motor tradisional.

Pengunjung bertolak dari dermaga Tanjung Tembaga menuju Pulau Gili Ketapang dengan ombak yang cukup bersahabat atau tidak berbahaya. Setelah tiba di tujuan, semua rasa penat pengunjung langsung berubah menjadi refresh, karena keindahan lautnya sangat bagus dan tenang.

“Apalagi jika kita bisa menyelam untuk melihat ekosistem laut yang terlihat jelas dan alami,” ujar Fandy salah seorang pengunjung dari kota Malang.

Maka tak heran jika wisata snorkeling Gili Ketapang ternyata disukai para milenial, anak-anak bahkan lansia. Dibantu oleh pemandu selam dan peralatan selam yang lengkap, para pengunjung bisa berfoto di dalam laut sebagai kenang-kenangan langsung di dua sport secara bergantian.

Terlihat ratusan pengunjung beramai-ramai berenang, hingga betah berlama-lama tanpa ada rasa takut. Jumlah pengunjung diperkiarakan akan membludak di lokasi ini hingga tahun baru tiba.

Petugas mengimbau kepada pera pengunjung agar mematuhi peraturan, untuk menjaga keselamatan jiwa bersama. Selain itu pihak pengelola wisata Pulau Gili Ketapang harus meningkatkan pelayanan, baik mulai kebersihan pantai juga tatanan wisata yang edukatif dan inovatif.[lana/DM]