SRC Jatim Gelar Festival di Surabaya Gandeng UMKM

SURABAYA-SUREPLUS: Paguyuban Sampoerna Retail Community (SRC) dari seluruh daerah di Jawa Timur, berkumpul di Surabaya. Mereka menggelar acara Festival SRC Indonesia 2019, yang dhadiri oleh ratusan bahkan ribuan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Acara ini, merupakan bagian dari rangkaian festival yang dilaksanakan di 13 kota di seluruh Indonesia.

“Inisiatif ini datang dari paguyuban SRC, sebagai semangat untuk menciptakan perubahan dari hal-hal kecil di lingkungan sekitar,” ungkap Perwakilan Paguyuban SRC Jawa Timur, Sri Utari saat sesi wawancara di sela acara, Senin (2/12/2019).

Sri mengungkapkan, dengan hadirnya SRC untuk masyarakat, peluang baru bagi UMKM di lingkungan sekitar dapat diwujudkan bersama-sama. SRC sendiri merupakan jaringan kelontong masa kini binaan Sampoerna yang secara konsisten telah berjalan selama 11 tahun.

“Pada awal terbentuknya di tahun 2008, SRC punya anggota sebanyak 57 kelontong di Medan dan saat ini sudah lebih dari 120.000 toko yang tersebar di seluruh Indonesia bergabung, dan di Jawa Timur sendiri tercatat lebih dari 13.000 SRC,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Provinsi Jawa Timur, Drajat Irawan mengapresiasi program pembinaan UMKM yang dilaksanakan Sampoerna melalui SRC. Pemerintah Jatim melalui Disperindag mengajak SRC menjadi relawan Garda Indag yang membantu memantau harga dan ketersediaan bahan pokok makanan menjelang akhir tahun.

“Kolaborasi SRC dan Pemprov Jatim merupakan perwujudan sinergi dengan Nawa Bhakti Satya, sembilan pokok program Pemprov Jatim,” kata Drajat.

Ia menjelaskan, selain Garda Indag, kolaborasi ini juga dituangkan melalui pendampingan UMKM Sreseh yang akan bekerja sama dengan SRC di Pamekasan untuk jaringan pemasaran melalui Pojok Lokal, yang merupakan wadah khusus pemasaran produk UMKM di toko yang tergabung SRC.

“Tujuannya tidak lain, adalah membantu pelaku UMKM dari segala lapisan masyarakat agar dapat mengambil peran dalam mewujudkan perekonomian yang lebih baik,” ucapnya.

Kendati demikian, selain bergandengan dengan Pemprov Jatim, Festival ini juga mengajak masyarakat untuk mendukung pertumbuhan UMKM lewat gerakan #BerbelanjaDekatRumah (BERKAH). “Ini merupakan seruan kepada masyarakat untuk memilih berbelanja di toko kelontong sekitar tempat tinggal mereka masing-masing,” tutup Drajat.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana