Sensasi Kenikmatan Kuliner Unik Rawon Kalkulator di Surabaya

Rawon kalkulator ala warung sedap malam yang ada di Taman Bungkul Surabaya. FOTO: SUREPLUS/DEWID WIRATAMA

SURABAYA-SUREPLUS: Berburu kuliner saat jalan-jalan di kota Surabaya sudah menjadi suatu hal fenomenal. Beraneka ragam makanan, minuman hingga jajanan khas kota pahlawan menyajikan keunikannya tersendiri. Salah satu kuliner unik yang ada di Surabaya, adalah Rawon Kalkulator di warung sedap malam.

Desain warung satu ini sangat sederhana, namun selalu ramai akan pengunjung lantaran lokasinya yang berada di Taman Bungkul Surabaya. Keunikan dari warung ini memang dapat dilihat dari namanya. Menurut salah satu pramusaji di Rawon Kalkulator, Suladi, nama ini memang didapat dari ketangkasan para pramusaji saat menghitung total biaya makan para pengunjung. Penghitungan dilakukan dengan tanpa bantuan alat hitung, namun dapat selesai secepat kalkulator.

“Kalau untuk rasa Rawon Kalkulator sendiri, tidak terlalu beda dari nasi rawon lainnya di Jawa Timur. Pembenya yakni kualitas daging sapi dan ukuran potongan daging. Harus diakui kalau potongan daging Rawon Kalkulator berukuran besar,” ungkap Suladi, saat diwawancarai reporter Sureplus.id di lokasi, Minggu (1/12/2019).

Suladi mengungkapkan, satu porsi rawon yang disajikan terdapat 5-6 potong daging sapi yang empuk. Tidak hanya itu, nasi sebanyak tiga ciduk entong juga membantu memadamkan kelaparan. Untuk  menikmati seporsi Rawon Kalkulator, pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp 20.000, belum termasuk minum. Warung ini juga buka hampir sepanjang hari, yaitu mulai dari pukul 11.00-03.00 dini hari.

Menurutnya, perihal kualitas sudah dijamin para pengunjung telah membuktikannya. Sebab tak banyak yang tahu jika warung ini sebenarnya sudah buka sejak puluhan tahun lalu. Bahkan usianya saat ini mencapai 37 tahun.

“Warung Sedap Malam ini sudah berdiri sejak 1975 silam. Pemiliknya bernama Pak Ajib dan dia generasi ke-4,” ujarnya.

Berbagai kalangan di Surabaya datang berbondong-bondong ke warung ini, khususnya pada saat akhir pekan. Bermacam-macam pengunjung datang, ada yang sering berkunjung lantaran suka dengan dengan menunya hingga sekedar memenuhi rasa penasaran.

“Simple-nya saya senang kesini karena kenyang. Sudah gitu enak lagi rawonnya. Karena saya kebetulan kerja di dekat sini, jadi warung ini memang sudah favorit saya sejak delapan tahun lalu,” kata Zainal, salah seorang pengunjung sekaligus penikmat rawon kalkulator.

Selain itu, ada beberapa wisatawan dari berbagai tempat datang yang mengaku terkesan akan sajian dari Rawon Kalkulator ini. “Aromanya sih standard. Yang bikin riang itu ukuran dagingnya lho bikin orang ngiler. Udah gitu nasinya bejibun, siapa yang gak bahagia kalau habis makan disini,” tutur Jihan (19), pengunjung yang berasal dari Riau.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana