Program Pajak Bertutur (Patur) Dilakukan Serempak Diseluruh Indonesia

DJP Jatim II menggelar acara Pajak Bertutur (Patur) bersama ratusan perwakilan perguruan tinggi yang ada di Jawa Timur. FOTO: ISTIMEWA

SIDOARJO-SUREPLUS: Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur II (DJP Jatim II) menggelar acara Pajak Bertutur (Patur) bersama ratusan perwakilan perguruan tinggi yang ada di Jawa Timur. Acara akbar tersebut digelar di Aula Kantor DJP Jatim II, Jumat (22/11/2019).

Kepala Bidang P2 Humas DJP Jatim II Nyoman Ayu Ningsih mengatakan, program Patur yang hari ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia merupakan rangkaian program inklusi kesadaran pajak pada semua jenjang pendidikan.

“Sampai saat ini sudah sebanyak 103 Perguruan Tinggi di Jawa Timur telah berkomitmen dalam program inklusi pajak ini,” ucap Nyoman Ayu.

Dalam acara tersebut, Nyoman Ayu juga menjelaskan, program inklusi pajak ini merupakan tindaklanjut dari kerjasama yang telah dikukuhkan oleh Direktorat Jenderal Pajak, Kemendikbud, dan Kemenristekdikti untuk meningkatkan kesadaran pajak pada generasi muda.

Kendati demikian, acara ini bertujuannya untuk mempersiapkan Generasi Emas sadar pajak tahun 2045. Dalam pelaksanaannya, sambung Nyoman Ayu, dalam program ini beberapa mata kuliah akan diselipkan pengetahuan tentang pajak. “Di samping mata kuliah khusus yang memang mempelajari tentang perpajakan,” terangnya.

Sejauh ini, dengan program inklusi pajak yang telah dijalankan ada perkembangan signifikan terhadap pengetahuan mahasiswa tentang pajak dan manfaat yang didapat dari pajak. “Hal tersebut terlihat dari banyaknya perguruan tinggi yang mendapatkan penghargaan pada acara Patur ini,” cetusnya.

Diharapkan dengan program inklusi pajak ini generasi muda khususnya para mahasiswa setelah lulus dan menjabat berbagai profesi mempunyai kesadaran tinggi dalam membayar pajak.[lana/DM]

Editor: Dony Maulana