Kuliner Legendaris – Lontong Balap Rajawali Khas Surabaya

Lontong Balap Rajawali Surabaya, yang menggugah lidah karena rasanya yang lezat serta sudah ada sejak 1956. FOTO: SUREPLUS/DEWID WIRATAMA

SURABAYA-SUREPLUS: Kota pahlawan merupakan salah satu surga untuk dunia kuliner. Mulai dari kuliner tradisinional hingga yang modern, salah satunya adalah lontong balap. Makanan yang satu ini selain rasanya yang menggugah lidah, namun juga memiliki sisi sejarah unik.

Kala itu, banyak orang yang berdagang sambil berjalan kaki dengan cepat, seperti orang yang sedang balapan, sejak saat itulah sampai sekarang masyarakat Surabaya menyebut makanan berkuah ini dengan sebutan lontong balap.

Lontong Balap Surabaya ini tak pernah sepi, apalagi waktu siang hari di jam makan siang. Banyak dari orang-orang yang berhenti sejenak untuk menikmati makan siang di sini. Warung ini, terletak di Jalan Rajawali  dekat dengan Jembatan Merah Surabaya.

Kedai Lontong Balap Rajawali ini tempatnya kecil mungil berada di pojok jalan. Sangat mudah untuk menemukan lokasi lontong balap ini. Hal ini, karena ada banner besar dengan bertuliskan tahun 1956, agar mempermudah pengunjung untuk menemukan lokasi.

Satu porsi lontong balap di kedai ini, dijamin akan mengeyangkan perut, bahkan beberapa pelanggan selalu menggoda untuk nambah seporsi lagi. Dalam satu piring lontong balap berisi lontong, tahu, tauge, bawang merah, petis, kecap dan lentho.

“Udah enak, bawaannya pingin nambah, dekat lagi dengan tempat kerja. Padahal saya disini sudah 3 tahun, tapi saya kewarung ini ga terhitung berapa kali. Doyan saya,” ungkap Melisa, saat ditemui reporter Sureplus.id usai menyantap seporsi lontong balap di lokasi.

Selain itu, penikmat lontong balap di kedai ini juga bisa nambah sate kerang dengan sambal petisnya yang bikin nagih. Rasa pedas bercampur menjadi satu apabila dimakan bareng dengan Lontong Balap.

Heri Widianto, pekerja proyek bangunan juga menyatakan kepuasannya saat menikmati lezatnya Lontong Balap Rajawali. “Kalau saya makan sama pak Bos, biasanya disuruh nambah lagi. Ya gimana lagi, enak soalnya. Nambah satenya apalagi,” ujar Heri sembari tertawa.

Bagi yang ingin berkunjung, selain makan langsung ke kedainya, pelanggan juga bisa menikmati seporsi Lontong Balap dan sate kerangnya yang lezat dengan memesan melalui GrabFood di aplikasi Grab. Dengan fitur GrabFood, pelanggan akan tetap bisa jelajah kuliner Surabaya dan mitra Grab siap mengantar Lontong Balap legendaris itu ke alamat tujuan.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana