Bakmi Janda, Realisasikan Identitas Janda Lewat Makanan Surabaya

Jamilla beserta para pekerjanya, yang semua berstatus sebagai janda. Bakmi Janda tidak hanya terkenal di Surabaya, namun juga beberapa daerah di Jatim. FOTO: SUREPLUS/DEWID WIRATAMA

SURABAYA-SUREPLUS: Setiap rumah atau tempat makan memiliki keistimewaan masing-masing. Salah satunya, yakni Bakmi Janda Surabaya dimana mulai pemilik hingga para pekerjanya menyandang status janda nan rupawan. Rumah makan unik ini, berlokasi di Jalan Raya Jemursari 76 Blok C 38 Surabaya.

“Setelah dibuka sejak 2 tahun lalu, Bakmi Janda sudah sempat viral. Dari kedai saya yang lama saja bisa mengantongi omzet sampai jutaan rupiah per hari. Dan sekarang puji syukur saya punya gerai baru,” ungkap Jamilla yang biasa dipanggil JJ, pemilik Bakmi Janda saat diwawancarai reporter Sureplus.id di kedainya, Jumat (8/11/2019).

JJ mengungkapkan, bakminya memang tak berbeda dengan bakmi lainnya. Namun, keunggulan dari kedainya yakni bisa dilayani langsung oleh janda-janda cantik yang memakai kostum unik. Namun bukan berarti JJ hanya memperdulikan penampilan dan pelayanan saja.

Rasa dan kualitas bakminya dapat dibilang berani diadu. Ia mengatakan, bakminya ini menggunakan mie olahan sendiri, tanpa penyedap dan bahan pengawet. Selain lebih sehat, bakmi JJ terasa gurih dengan paduan bahan-bahan segar dari dapur janda.

“Dulu waktu pertama mulai, saya membangun dengan seorang kawan saya. Kalau untuk sekarang, sudah punya tiga orang pegawai. Tapi saya juga lagi mencari janda-janda lain, yang mau bekerja buat membantu perekonomian keluarga,” ujarnya.

Ketika ditanya soal pakaian/kostum, JJ mengaku akan ada tema di setiap harinya. Kostum para pegawai akan ditentukan oleh tema yang disepakati JJ bersama para pegawainya.

“Untuk setiap janda yang kerja di sini, semua pakai cosplay. Hari ini tema pembantu, pembantu Jepang, Korea, dan Pancis. Berikutnya kita mau pakai baju polisi, pakai kimono hingga pilot,” kata JJ.

Kedai Bakmi Janda ini, memiliki beberapa menu yang bisa dipilih pengunjung. Misalnya saja Bakmi Jahot (Janda Hot), Bakmi Jasa (Janda Desa) hingga Nasi Cumi yang kini sedang digemari. Selain makanan, JJ juga memasang nama yang unik pada minumannya. Seperti Kopi Hitam Jampe (Janda Muda Paha Erotis), Cappucino Jago (Janda Galau) hingga Susu Milo Janin (Janda Ingin Nikah).

Kendati demikian, ia juga mengaku pernah digoda oleh beberapa pembeli yang mengunjungi kedai Bakmi Janda. Namun, ia hanya menanggapinya dengan bercandaan belaka. Bahkan, pernah ada pelanggan yang meminta nomor teleponnya maupun para pekerjanya.

“Kalau digoda pasti pernah, paling cuma bergurau. Tapi di tempat kemarin, ada yang minta nomor hape, saya kasih nomor depot aja,” tutup JJ.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana