Aplikasi The Chef, Terobosan Baru Majukan Industri Food And Beverage

Managing Director Sentra Poin Katering Indonesia Widijanto Heru Kusumo (kiri), Marketing Communication The Chef Kaloka Kusumaning Ayu dan Brand Ambassador The Chef, Wildan Avessina saat Soft Launching Aplikasi The Chef. FOTO: SUREPLUS/DEWID WIRATAMA

SURABAYA-SUREPLUS: Salah satu industri yang mengalami perkembangan pesat, yaitu industri food and beverage (F&B) memerlukan sebuah ‘otak’ dalam bidang culinary di balik segala kreasi. Karena itulah, sejumlah chef profesional dan pelaku usaha di bidang F&B mendirikan aplikasi ‘The Chef’.

Managing Director Sentra Poin Katering Indonesia, Widijanto Heru Kusuma menyampaikan, ‘The Chef’ bisa dibilang yang pertama di dunia untuk aplikasi berbasis komunitas profesi yang berhubungan dengan dunia kuliner, food industry, data profil, sertifikasi kuliner dan segala sesuatu yang mendukung generasi milenial untuk mengapresiasi karya ide yang ada.

“Aplikasi ini berpotensi sebagai wadah bagi profesi di bidang F&B, untuk mengembangkan ide kreatif dan membagikan karya kreatifnya melalui fitur-fitur di dalam aplikasi, seperti fitur Chef Channel dan juga fitur marketplace untuk para chef preneur,” ungkap Widijanto, saat acara pre launching ‘The Chef’ di Nineteen Lounge Surabaya, Senin (4/11/2019).

Widijanto mengungkapkan, beberapa chef dan pecinta kuliner muda seperti Chef Dinda dan Chef Wildan diambil sebagai brand ambassador serta mewakili profil generasi muda untuk menyegarkan kancah kuliner online di dunia kuliner Indonesia.

“Sejalan dengan pesatnya perkembangan bisnis kuliner dan profesi chef, di industri ini banyak yang membutuhkan informasi terkait jasa chef profesional dan data mengenai rantai suplainya. Jadi kami menyediakan informasi dan wadah dari hulu ke hilir dan SDM-nya,” ujarnya.

Menurutnya, perkembangan chef belakangan sangat pesat, bahkan muncul beberapa komunitas dan asosiasi yang menaungi chef. Namun ditegaskannya bahwa aplikasi ‘The Chef’ terbuka bagi siapa saja dan tidak berafiliasi dengan salah satu asosiasi atau komunitas.

“Bahkan kami dipercaya instansi pemerintah terkait produk terapan dan siap menjadi pioner untuk menjembatani kebutuhan akan sertifikasi chef,” ucap Widijanto.

Sementara itu, Brand Ambassador ‘The Chef’ Wildan Avessina mengatakan, beberapa fitur yang akan disediakan dalam aplikasi tersebut di antaranya adalah informasi lowongan pekerjaan, informasi profil chef bagi perusahaan yang membutuhkan, data event chef dan kegiatannya di seluruh Indonesia, termasuk marketplace produk dan peralatan yang berkaitan dengan bisnis makan dan minuman.

“Bagian yang menarik, yakni kami mengakomodir keinginan masyarakat untuk menjadi chef. Makanya kami menggelar charity hingga beasiswa atau pendanaan kepada mereka yang kurang mampu untuk dididik hingga menjadi chef profesional,” kata Wildan.

Kendati demikian, aplikasi ini juga menyediakan fitur forum bagi para chef untuk berinteraksi melalui chat forum dan bisa berbagi ide kreatif dan karya mereka, sehingga bisa membantu mereka untuk bisa dikenal dan diakses di seluruh dunia.

“Kami juga menyediakan beragam news terkait kegiatan chef dan kuliner, juga even-even food and beverage di seluruh Indonesia,” tutup Wildan.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana