Surabaya Menjadi Tuan Rumah Kompetisi Ikan Cupang Se-Asia Tenggara

Suasana Pameran Ikan Cupang di PTC. FOTO: SUREPLUS/Dony Maulana

SURABAYA-SUREPLUS: Betta Fish atau yang akrab dikenal dengan nama ikan cupang ini beberapa tahun terakhir ini menjadi buah bibir dikalangan para pecinta hewan khususnya pecinta ikan hias. Ya, ikan petarung yang terkenal akan warna dan sirip indahnya itu akan berada di acara All Star International Betta Show di Funanimal Pakuwon Trade Center (PTC).

Helatan tersebut diselenggarakan oleh Indonesia Betta Union (IBU). Edwin Marsetio Suwardi, selaku ketua Umum Indonesia Betta Union mengatakan, bahwa acara tersebut berlangsung selama 10 hari, mulai dari tanggal 27 September hingga 6 Oktober 2019.

“Kami sudah mulai sejak 27 September lalu, sampai 6 Oktober mendatang. Nah di sini ada tiga acara, pertama pameran, yang kedua adalah kompetisi skala kecil, bisa dibilang sih cuma seputaran Surabaya dan kota lainnya yang ada di Jawa Timur saja,” ujar Edwin.

Event kali ini merupakan satu-satunya festival ikan cupang terbesar di Surabaya. Pasalnya, dalam rangkaian acara tersebut akan ada kompetisi skala internasional yang ditaruh di penghujung acara, yakni pada Jumat (4/10/2019) sampai Minggu (6/9/2019) akan diadakan kompetisi ikan cupang atau betta fish yang dihadiri oleh peserta se-Asia Tenggara.

“Kemungkinan akan ada 750 peserta dalam kompetisi tersebut, mungkin bisa lebih juga kalau peserta dari USA dan negara lainnya ikut serta. Jurinya kami datangkan dari Singapura, Malaysia, dan tentunya Indonesia,” jelas Edwin.

Dalam menyambut kompetisi ikan cupang se-Asia Tenggara itu, Minggu (29/9/2019) diadakan kompetisi ikan cupang lokalan yang diikuti 149 peserta dari Surabaya dan sekitarnya. Dalam kompetisi lokal itu, Edwin bertindak sebagai juri dengan didampingi Fendy Margono yang juga dari Indonesia Betta Union bertugas sebagai Assistant Juri.

Selain itu, di area pameran tersebut, pengunjung dapat melihat-lihat ratusan jenis ikan cupang. Tak hanya itu, dalam pameran tersebut juga ada koleksi dari komunitas Jumbo Keong Indonesia (JKI) dan Reptil, serta tanaman hias.[Lana/DM]