Taiwan Tawarkan Ragam Produk Unggulan di Jatim

Taiwan Expo 2019 kembali menarik antusiasme pengunjung dari berbagai pelosok provinsi Jawa Timur khususnya kota Surabaya. FOTO: SUREPLUS/DONY MAULANA

SURABAYA-SUREPLUS: Kembalinya Taiwan Expo digelar pada tahun ini menarik antusiasme pengunjung dari berbagai pelosok provinsi Jawa Timur khususnya kota Surabaya. Memang Expo yang pertama kalinya digelar di Surabaya kali ini menarik 180 peserta yang semuanya dari negara Taiwan yang hadir dalam ‘Taiwan Expo 2019 di Indonesia’ yang digelar di Grand City Convex Surabaya, Kamis-Sabtu (26-28/9/2019).

Dengan menghadirkan Taiwan yang kaya budaya dan pemandangan di Jatim. Deputy Executive Director of Taiwan External Trade Development Council (Taitra), Karen Pai mengatakan, pada Taiwan Expo kali ini, para peserta menghadirkan paviliun-paviliun terbaik yang menunjukkan kekuatan Industri Taiwan. Antara lain, Paviliun olahraga dan hiburan untuk menampilkan peralatan pemain badminton Taiwan kelas dunia Tzu Ying’s. Dalam rangka teknologi pintar, National Space Tech Pavilion menampilkan gambar berharga dan komposisi untuk buatan tangan Taiwan pertama kali resolusi tinggi telemetri satelit dari Pusat Luar Angkasa Nasional Taiwan.

“Juga ada Pembersih Udara Pintar Paviliun memperkenalkan Ekosistem Udara Pintar yang dapat dideteksi sampai 12 sumber polusi dan dapat dihubungkan ke peralatan virtual dan lintas domain. COMPUTEX Taipei Paviliun membawa pameran TIK kedua terbesar didunia penghargaan pemenang COMPUTEXd&a produk untuk ditampilkan produk Taiwan teknologi tinggi,” katanya, Kamis (26/9/2019).

Taiwan Healthcare Pavilion, lanjutnya,  secara khusus mengundang RS Universitas Nasional Taiwan mempromosikan pelayanan konsultasi telemedis. Untuk pengembangan pertanian di Indonesia, Taiwan Agricultural Pavilion telah memperkenalkan HMD, yang mengubah sampah menjadi pupuk organik mikroba dan menyelamatkan hampir 90% di waktu dan biaya.

“Digital Commerce Pavilion dan Taipei Your Partner Paviliun memilih gaya hidup modis produk dari Taiwan, seperti Wearable Electric Scarf Air Conditioner Cooling Warming 2 in 1 Device. Taiwan Halal & Bubble Tea Pavilion telah mengumpulkan banyak peserta sertifikasi halal makanan Taiwan dan kecantikan, seperti teh susu 3:15PM dan Mandelic Acid Home, Peeling Liquid dari Dr.Hsies®, dan yang paling mewakili adalah minuman boba yang bisa dicoba para pengunjung,” ujarnya.

Sedangkan pada hari ke-2, kata Karen Pai, akan digelar “Taiwan Excellence Zumba Fest”, yang dipandu instruktur Zumba terkenal, Leony Setiawati dan Zakaria Yunus. Serta lucky draw bagi pengunjung yang hadir dan follow Facebook atau Instagram Taiwan Expo.

“Pameran ini akan juga menjadi tuan rumah 6 forum industri untuk memfasilitasi pertukaran profesi antara Taiwan dan Indonesia, termasuk “Breakthrough in the Future Smart Retail”, “Global Communication Technical Solutions in the Cloud Computing Era”, “Boundless Love: Taiwan Medical Care for Indonesia”, “Meet Aspiring Youth Startups: U-Start Demo Day”, “Smart Home and Smart Air Management Practice in Taiwan”, and “Remote Sensing Service for Oil Palm Plantation,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Jatim, Aries Mukiyono mengapresiasi gelaran Taiwan Expo 2019 di Surabaya. “Even seperti ini harus sesering mungkin digelar guna mempererat hubungan Taiwan dan Indonesia, khususnya Jatim. Karena Jatim memiliki potensi yang sangat besar. Jatim juga pintu masuk pasar Indonesia Timur yang total penduduknya mencapai 150 juta,” katanya.

Aries berharap, Taiwan Expo ini menjadi arus investasi dari Taiwan bisa terus meningkat ke Jatim. Sehingga ekonomi di Taiwan maupun di Jatim akan bersama-sama tumbuh. Sehingga kesejahteraan masing-masing masyarakatnya bisa meningkat. “Kami siap beri karpet merah pada investor Taiwan untuk berinvestasi di Jatim. Kami akan permudah perizinan sepanjang persyaratan terpenuhi,” pungkasnya.[Lana/DM]