Taiwan Tawarkan Wisata Halal di Surabaya

Tahun 2019 ini, event bergengsi dengan tema ‘Taiwan Expo’ bakal digelar di Kota Surabaya. FOTO: SUREPLUS/DONY MAULANA

SURABAYA-SUREPLUS: Seiak tahun 2017, Biro Perdagangan Internosional dan Asosiasi Perdagangan Luar Negeri Kementrian Ekonomi telah mengadakan Taiwan EXPO di Jakarta selama dua tahun berturut-turut, dan berhasil menarik sekitar 40.000 orang untuk berpartisipasi dalam acara tersebut, dan telah menjembatani kesempatan bisnis hingga ratusan iuta dollar.

Tahun 2019 ini, event bergengsi dengan tema ‘Taiwan Expo’ bakal digelar di Kota Surabaya. Deputy Executive Director Of Taiwan External Trade Development Council (Taitra), Karen Pai mengatakan, acara ini setidaknya mengundang sekitar 180 exhibitor dari Taiwan dan menampilkan 190 booth stand dalam pameran ini.

Karena adanya kebudayaan dan kebijakan setempat, lanjut Karen memaparkan, Taiwan Expo 2019 kali ini menghadirkan enam industri utama termasuk di dalamnya yaitu teknologi pintar, pendidikan, budaya dan pariwisata, serta perawatan kesehatan.

“Adapun pada sektor teknologi pintar, pusat antariksa nasional Taiwan dan asosiasi pengembangan industri antariksa Taiwan akan berpartisipasi untuk pertamakalinya di dalam Taiwan EXPO,” ungkapnya saat dijumpai di Surabaya, Selasa (17/9/19).

Selain itu juga hadir pula makanan halal Taiwan, teknologi pertanian, dan gaya hidup Taiwan dengan harapan setelah adanya pameran ini, hubungan kerjasama antar Indonesia dan Taiwan akan lebih banyak dan berkembang. Tak hanya sebatas itu saja, mereka juga akan memamerkan hal yang sangat penting yaitu wujud gambar dari satelit seiring dengan arus Esports (gaming).

“Teknologi Thermaltake dari Taiwan excellence pavillion akan membawa casing CPU yang terbuat dari tempered glass di 4 sisinya, dengan tampilan kipas LED transparan yang memukau,” ucapnya.

Ajang yang akan digelar pada 26 sampai dengan 28 September di Grand City Convex, pihaknya menggandeng Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya. Deputi Chairman of the field of internasional cooperation (Kadin Surabaya), Charly Raya menyampaikan bahwa pada prinsipnya Kadin Surabaya mendukung dan memfasilitasi acara Taiwan expo 2019 di Surabaya.

“Bila perlu kami juga akan berkoordinasi dengan Kadin NTT supaya Taiwan expo bisa merambah ke Indonesia bagian timur,” pungkasnya.[LANA/DM]