PDAM Surabaya Kerahkan Truk Tangki Atasi Pasokan Air yang Terhenti

SURABAYA-SUREPLUS: PDAM Surya Sembada, memastikan untuk memberikan pasokan air kepada warga terdampak pemasangan jaringan pipa di Jalan Yos Sudarso pada hari ini. Sejumlah belasan truk tangki air, akan dioperasikan untuk membantu warga mendapatkan air bersih Pemasangan jaringan pipa PDAM di bawah Jalan Yos Sudarso rencananya dilakukan juga hari ini.

Penggantian jaringan pipa sepanjang 75 meter itu akan berdampak pada sekitar 60 ribu pelanggan PDAM di Surabaya. Aliran air ke rumah dan tempat bisnis warga akan terhenti. Manajer Humas PDAM Surya Sembada Bambang Eko Sakti mengatakan, 14 truk tangki berkapasitas masing-masing 5 ribu liter disiapkan untuk pelanggan.

”Sudah kami siapkan untuk mereka yang membutuhkan air,” ungkap Bambang, saat sesi wawancara di Gedung PDAM Surya Sembada, Sabtu (7/9/2019).

Bambang mengungkapkan, satu truk tangki air bisa digunakan untuk 5–7 KK. Bantuan air bersih tersebut akan diperuntukkan pelanggan rumahan. Hal tersebut, lantaran masih banyak rumah yang belum memiliki tandon air. Untuk itu, ia menghimbau agar seluruh pelanggan siap menampung air sebelum pemasangan pipa dilakukan pukul 15.00 hari ini. Cadangan tersebut penting agar warga tetap mempunyai air untuk keperluan urgen.

Menurutnya, terkait dengan terhentinya aliran air selama 24 jam itu, PDAM tidak akan memberikan kompensasi kepada pelanggan. Sebab, pipa tersebut dipasang atas dasar proyek pemkot untuk kepentingan publik.

”Jadi, bukan kesalahan PDAM. Pembangunan itu juga untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, beberapa pengusaha hotel di wilayah terdampak mengaku telah mengantisipasi terganggunya aliran air PDAM. Salah satunya Mercure Grand Mirama Hotel di Jalan Raya Darmo.

Chief Engineering Mercure Grand Mirama Hotel Agus Perabowo mengatakan, pihak hotel sudah mengantisipasi ketika ada pemberitahuan tersebut. Sebelum aliran air benar-benar mati, pihak hotel akan memonitor penampungan air.

“Kami akan menampung air secara maksimal. Beberapa tempat penampungan air telah disiapkan sesuai rencana,” kata Agus.[DEWID WIRATAMA/DM]

Editor: Dony Maulana