Risma Bersama Lenis Tekankan untuk Hindari Konflik Antar Daerah

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini saat menjamu Staf Khusus Presiden untuk Papua, Lenis Kogoya di kediaman Risma. FOTO: SUREPLUS/DEWID WIRATAMA

SURABAYA-SUREPLUS: Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini bertemu Staf Khusus Presiden untuk wilayah Papua, Lenis Kogoya di Kediaman Wali Kota Surabaya. Pertemuan tersebut, berlangsung hampir dua jam dan dihadiri pula oleh sebelas mahasiswa asal Papua, yang sedang menempuh pendidikan di beberapa kampus di Surabaya.

Risma selama berbincang terlihat santai dan berinteraksi langsung dengan mahasiswa asal Papua tersebut. Bahkan mahasiswa Papua menyanyi bersama. Ia juga berpesan bahwa tidak ada gunanya untuk bermusuhan.

“Permusuhan membuat kita tidak akan berpikir untuk maju bersama” ungkap Risma saat berbincang dengan Lenis dan mahasiswa Papua lain di kediamannya, Kamis (22/8/2019).

Risma mengungkapkan. menyusul insiden kerusuhan di Papua dan Papua Barat pasca peristiwa di Surabaya dan Malang, Jawa Timur, tidak ada masyarakat atau mahasiswa asal Papua yang diusir dari kotanya.

Dalam Pertemuan tersebut, Wali Kota Risma bercerita banyak mengenai hubungan Surabaya dengan Papua. Mulai dari pemberian bantuan saat musibah yang terjadi di Papua hingga melatih mama-mama Papua dalam kegiatan Pahlawan ekonomi.

“Saya juga beberapa kali berkunjung ke Papua seperti Jayapura, Manokwari dan Merauke. Yah darisana akhirnya saya dapat julukan mama Papua. Jadi saya mohon untuk tidak membahas perbedaan lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Lenis Kogoya juga mengapresiasi sikap positif Wali Kota Surabaya yang mengayomi kehidupan mahasiswa Papua di Surabaya. Ia berpesan agar mahasiswa fokus untuk masa depan Indonesia.

“Saat ini, waktunya kita pikirkan masa depan Indonesia dan kebersamaan,” kata Lenis

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini siap membantu mahasiswa Papua. Wali Kota, Risma juga berharap mahasiswa Papua untuk menyampaikan keluh kesahnya, agar permasalahan segera terselesaikan dengan baik.

“Dari perbedaan-lah yang menjadikan kita untuk bijaksana dan menerima segala kekurangan dan kelebihan masing-masing” tutup Lenis.[DEWID WIRATAMA/DM]

Editor: Dony Maulana