Jokowi Kurban Sapi 1 ton Ke Surabaya Untuk Hari Raya Idul Adha

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo

SURABAYA-SUREPLUS: Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyumbangkan sapi seberat satu ton untuk disembelih di Masjid Agung Al-Akbar pada perayaan Hari Raya Idul Adha. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jatim, Wemmi Niawati.

“Jenis sapinya adalah peranakan Ongole atau sapi Jawa yang dibeli dari peternak asal Desa Parah Kulon, Kecamatan Ujung Pangkah, Gresik,” ungkap Wemmi, saat sesi wawancara di Dinas Peternakan Jawa Timur, Sabtu (10/8/2019).

Wemmi mengungkapkan, sapi tersebut berusia 4 tahun dengan tinggi 160 cm, panjang 176 cm dan lingkar dada 226 cm. Menurutnya, memang tiap tahun Jokowi selalu berkurban di Masjid Agung Surabaya.

Sementara itu, Humas Masjid Al-Akbar Surabaya, membernarkan bahwa Presiden telah mengirim seekor sapi untuk disembelih di Masjid Agung Al-Akbar di Surabaya. Selain dari Presiden, Masjid Agung Al Akbar juga mendapatkan tiga sapi dari Pemprov Jatim. Sapi tersebut, milik Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, dengan berat sedikit di bawah sapi Jokowi.

“Sapi yang kedua adalah milik Wagub Jatim Emil Elistianto Dardak seberat 950 kilogram, dan sapi yan ketiga itu milik Sekda Pemprov Jatim, Heru Cahyono seberat 750 kilogram,” ujarnya.

Ia mengatakan, Shalat Ied akan diadakan Ahad, dan akan dihadiri oleh Gubernur Jatim. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan hewan kurban dari Presiden Jokowi secara simbolik. Hingga saat ini, Khofifah dan Forkompimda Jatim dijadwalkan akan melaksanakan salat Ied di masjid tersebut. Masjid Al Akbar dikabarkan baru akan menggelar penyembelihan hewan kurban pada hari Senin, 12 Agustus 2019.

“Ini agar tidak ada penumpukan daging kurban. Soalnya semua masjid rata-rata menyembelih di hari Minggu. Untuk pembagian daging ke masyarakat, Masjid Al Akbar tidak menggunakan sistem kupon atau datang langsung ke Masjid. Namun, daging kurban akan dibagi-bagikan langsung ke rumah-rumah warga, bekerja sama dengan RT RW di lingkungan sekitar masjid,” tutup Helmy.[DEWID WIRATAMA/DM]

Editor: Dony Maulana