Proyek Alun-Alun Surabaya Haruskan Pemkot Pindahkan Jaringan Utilitas di Jalan Yos Sudarso

Kepala Seksi Perencanaan Bidang Bangunan dan Gedung, Dinas Permahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Surabaya, Harindrayana saat memeriksa utilitas di jalan Yos Sudarso, Surabaya. FOTO: SUREPLUS/DEWID WIRATAMA

SURABAYA-SUREPLUS: Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan melanjutkan tahap pemindahan jaringan utilitas di bawah Jalan Yos Sudarso sebagai lanjutan proyek basemen alun-alun Surabaya. Pemindahan utilitas itu melibatkan pihak terkait yang mempunya jaringan di bawah jalan tersebut.

“Pihak kami telah berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait, dengan rencana pemindahan jaringan utilitas untuk pengerjaan basemen alun-alun Surabaya,” ungkap Kepala Seksi Perencanaan Bidang Bangunan dan Gedung, Dinas Permahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Surabaya, Harindrayana saat sesi wawancara di Jalan Yos Sudarso, Kamis (18/7/2019).

Harindrayana mengungkapkan, pemindahan semua jaringan utilitas di bawah Jalan Yos Sudarso ditargetkan rampung dalam satu minggu ke depan. Saat ini, Pemkot Surabaya bersama pihak terkait sedang menyiapkan solusi terbaik untuk rencana pemindahan jaringan utilitas itu.

Ia bersama pihaknya masih melihat kondisi terlebih dulu, jika panjang jaringan mencukupi, maka akan langsung dilakukan penggeseran. Namun, apabila tidak mencukupi maka akan dipotong untuk kemudian disambung lagi dan digeser.

“Kami libatkan semua provider yang terkait untuk mengatasi utilitas ini. Kami juga berkoordinasi dengan Satlas Polrestabes Surabaya berkaitan dengan rekayasa lalu lintas nantinya, Kejaksaan, Polsek Genteng dan Satpol PP,” ujarnya.

Hasil analisa tim proyek, jalur pedestrian sisi Timur Jalan Yos Sudarso ditemukan beberapa jaringan utilitas. Yakni jaringan PLN, Kominfo dan beberapa provider. Sementara di tengah jalan Yos Sudarso, terdapat pipa PDAM diameter 8 cm dan pipa PGN diameter 15 cm.

Bila pembangunan basemen di Yos Sudarso dimulai, Dishub Surabaya akan merekayasa lalu lintas. Bagi pengendara dari Jalan Tunjungan akan dialihkan ke arah Jalan Simpang Dukuh.

“Sementara, dari Jalan Kusuma Bangsa dan Jalan Sumatera dialihkan ke Jalan Plaa Boulevar. Sedangkan arus Jalan Ketabang Kali akan dibalik arahnya,” tutup Harindrayana.[DEWID WIWRATAMA/DM]

Editor: Dony Maulana