Berangkatkan Mudik Gratis, Emil Minta Pemudik Kunjungi Desa Wisata di Kampung Halaman

Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak saat pemberangkatan peserta mudik gratis bareng Indomaret 2019 di Sidoarjo. FOTO: SUREPLUS/DEWID WIRATAMA

SURABAYA-SUREPLUS: Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak meminta para pemudik untuk mengunjungi desa wisata di kampung halaman. Dengan berkunjung ke desa wisata yang saat ini sudah banyak yang maju dan dikelola dengan baik, para pemudik akan berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian di desa.

“Panjenengan pulang, lalu berkunjung dan berbelanja ke desa-desa wisata di kampung halaman, hari ini banyak desa-desa wisata yang dikelola dengan baik, silahkan dikunjungi,” ungkap Emil, saat memberangkatkan mudik gratis bareng Indomaret Tahun 2019 bersama Prajurit Pasmar di halaman Mako Pasmar 2, Gedangan, Sidoarjo, Minggu (2/6/2019).

Emil mengungkapkan, dengan mengunjungi dan berbelanja ke desa-desa wisata, maka para pemudik juga berperan dalam menyeimbangkan perekonomian di Jatim. Sebab setengah dari perekonomian di Jatim hanya berada di lima kabupaten/kota, yakni Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, dan Pasuruan.

Ekonomi di Jatim itu ada sekitar Rp. 2.200 triliun, sedangkan anggaran Pemprov Jatim hanya Rp. 30 triliun. Dari sekitar Rp. 2.000 triliun itu, setengahnya ada di lima daerah tersebut. Padahal Jatim memiliki 38 kabupaten/kota, yang menjadikan hal ini sangat timpang.

“Begitu panjenengan ke desa wisata, beli makanan, miuman, dan produk asli daerah, maka yang tadinya timpang itu bisa agak berkurang. Inilah yang namanya membawa berkah, dan jika niatnya membawa berkah, InshaAllah panjenengan diparingi rezeki yang lebih banyak lagi setelah kembali dari kampung halaman,” kata Emil.

Ia menjelaskan, sangat banyak desa wisata yang sudah maju dan memiliki keunikan tersendiri di Jatim. Diantaranya, Desa Genilangit, dan Desa Sarangan di Magetan, lalu Desa Golan, yang terkenal sebagai penghasil getuk di Ponorogo, Desa Nglebo yang terdapat Wisata Gunung Linggo di Trenggalek, sampai wisata kawah Ijen di Banyuwangi.

Emil juga memberi apresiasi atas penyelenggaraan mudik gratis oleh berbagai pihak, baik BUMN, BUMD, Polri, TNI, dan swasta. Menurutnya, kegiatan ini selain memberi kebahagiaan pada para pemudik dan keluarganya, juga sangat membantu pemerintah dalam memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat.

“Kalau pemerintah saja yang menyelenggarakan, tidak mungkin cukup. Maka kehadiran kami disini sebagai ungkapan terima kasih. Program mudik gratis seperti ini, kita harus menggandeng dunia usaha untuk berbagi kepedulian dan kebahagiaan di momen Idul Fitri,” tutup Emil. (DEWID WIRATAMA)