Kompetisi Pajak UNAIR, Bangun Silaturahmi dan Kesadaran Peduli Pajak Nasional

Mahasiswa peserta Kompetisi Pajak Nasional (Kompak) UNAIR, yang berfokus pada perpajakan dan akutansi mengikuti ajang rutin setiap tahunnya dalam rangka membangun silaturahmi dan kesadaran akan pajak. FOTO: SUREPLUS/DEWID WIRATAMA

SURABAYA–SUREPLUS: Prodi D3 Perpajakan Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar Kompetisi Pajak Nasional (Kompak). Kompak sendiri merupakan ajang kompetisi yang rutin diadakan setiap tahun. Kompetisi pada tahun ini diikuti sebanyak 49 mahasiswa, dari latar belakang perpajakan maupun akuntansi di seluruh perguruan tinggi Indonesia mulai jenjang D1, D3,D4, maupun S1.

“Acara Kompak sendiri dilakukan selama tiga hari, di mana pada hari pertama dilakukan technical meeting, kemudian hari selanjutnya dilaksanakan babak penyisihan serta perempat final, dan hari terakhir ditutup dengan babak semifinal juga final,” papar Qiftia Devi, selaku Ketua Panitia Kompak 2019 saat dikonfirmasi reporter Sureplus.id di Kampus UNAIR, Jumat (17/5/2019).

Devi mengungkapkan, bahwa Kompak 2019 merupakan suatu ajang kompetisi untuk mengukur kemampuan mahasiswa di bidang perpajakan. Di samping itu, perlombaan tersebut bermanfaat guna menjalin tali silaturahmi antar mahasiswa perpajakan di seluruh Indonesia.

Ia turut menjelaskan Kompak di tahun 2019 mengusung tema “Dari Pajak Kita Berpijak”. Makna dari tema tersebut mengindikasikan bahwa pajak merupakan instrumen penopang bangsa. Dimana pondasi tersebut didapat dari hasil pembayaran pajak. Dampaknya dapat dilihat dari seluruh lapisan masyarakat yang bisa menikmati berbagai fasilitas negara.

“Tidak menyangka antusiasme dari para peserta begitu luar biasa. Bahkan ada pendaftar Kompak 2019 yang berasal dari Kota Ujung Pandang alias Makassar,” ujarnya.

Menurutnya, pernah satu kali dirinya coba melakukan testimoni kepada beberapa perserta lomba. Ia mengaku mendapat respon positif dari mereka. Dengan penuh semangat, peserta tersebut mengutarakan bahwa Kompak 2019 begitu keren dan seru. Babak demi babak di setiap kompetisi diakui mereka berlangsung menegangkan, ditambah pelayanan dari para panitia juga memuaskan.

Pemenang kompetisi Kompak diumumkan pada akhir penutupan acara. Hasilnya PKN STAN mendapat 2 nilai tertinggi sekaligus memperjelas kemenangan mereka dalam menyabet juara pertama dan kedua. Untuk juara ketiga diraih oleh Universitas Indonesia.

“Saya berharap Kompak D3 Perpajakan dapat terus berbenah untuk tahun-tahun berikutnya yang lebih baik,” tutup Devi.[DEWID WIRATAMA/DM]

Editor: Dony Maulana