Mencicipi Kenikmatan Es Krim Khas Negeri Gajah Putih

Thai Coconut Ice Cream, salah satu produk buatan rumah berupa eskrim yang disajikan diatas batok kelapa muda segar, dikombinasikan dengan topping, sirup dan daging kelapa. FOTO: SUREPLUS/DEWID WIRATAMA

SURABAYA-SUREPLUS: Es krim, salah satu kuliner dari Italia yang memiliki berbagai macam rasa dan topping. Selain itu, tekstur lembut yang membuat semua orang ketagihan. Berawal dari sering jalan-jalan bareng dan ingin mencari es krim dengan sensasi makan yang berbeda, dipadukan dengan minat konsumen remaja sekarang. Tiga mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya (UNAIR), memiliki ide untuk membuat es krim dengan tampilan yang cukup unik, yaitu menggunakan batok kelapa sebagai wadahnya.

Thai Coconut Ice Cream, begitulah nama cemilan yang disajikan diatas batok kelapa muda yang segar. Dikombinasikan dengan aneka topping, sirup serta tambahan-tambahan lain seperti  jelly dan daging kelapa.

“Jadi, Thai Coconut Ice Cream ini pake batok kelapa segar, nanti ada es krim sama topingnya. Dan topingnya nanti macam-macam, seperti koko crunch, oreo dan masih banyak lagi, nanti bisa dipilih sendiri,” ungkap Diah Puspitasari, salah satu owner kedai Creamel Ice Cream saat ditemui reporter Sureplus.id di kedainya, Senin (22/4/2019).

Diah mengungkapkan, perpaduan tekstur es krim cokelat yang lembut dipadukan dengan daging kelapa, jelly serta remahan oreo yang crunchy membuat lidah ini tak henti mengunyah. Tak ketinggalan pula siraman sirup yang turut menambah rasa manis saat memakannya. Es krim batok kelapa ini memiliki tiga varian rasa, yaitu Cokelat, Green Tea, dan Vanila. Es krimnya juga dibuat sendiri oleh kedai Creamel.

Es krimnya ini juga murni buatan rumah,  dengan menggunakan susu yang membuat produk ini berbeda dari es krim yang lain. Dari berbagai rasa varian yang ditawarkan, es krim rasa green tea yang merupakan menjadi primadona bagi kedai ini.

“Harga kita yang dipatok untuk satu porsi Thai Coconut Ice Cream ini terjangkau, yaitu 18 ribu rupiah. Itu udah pakek batoknya, sudah ada es krimnya, sudah satu toping sama satu sirup. Kalau mau nambah, pertopingnya tiga ribu,” tambah Diah.

Kedai yang bertempat di jalan Ngagel Jaya Besar No.63 ini, selain menjual Thai Coconut Ice Cream juga menyediakan menu lain, namun tetap memakai es krim sebagai bahan utamanya. Ia berdalih, nantinya mereka juga akan mengeluarkan beberapa produk baru, yakni Red Velvet Cake, Burger Ice Cream dan  Pop Ice Cream. Hal tersebut merupakan peng-aplikasian logan mereka yang mengatakan ‘A DIFFERENT WAY TO EAT ICE CREAM’.

Sering kali owner-owner disini sering merasa kuwalahan, bahkan per hari bisa menghabiskan 500 batok kelapa per hari. Tak heran memang dilain sisi harganya yang lumayan terjangkau dan sajian es krimnya yang unik dan menarik membuat animo masyarakat khususnya Surabaya tertarik untuk mengunjungi kedai es krim yang baru berjalan sekitar 2 bulanan ini.

“Kita bukanya dari jam 12 siang sampai jam 8 malam, sampai sold out sih lebih tepatnya,” tutup Diah.[DEWID WIRATAMA/DM]

EDITOR: DONY MAULANA