Bonnie: Surabaya Itu Lokasinya Strategis dan Pelaku Usahanya Luar Biasa

ILUSTRASI: Surabaya merupakan lokasi strategis dalam hal industri kreatif. FOTO: SUREPLUS/DOK

SURABAYA-SUREPLUS: Perwakilan FoodStartup Indonesia, Bonnie Susilo mengatakan kota Surabaya merupakan lokasi strategis dalam hal industri kreatif. Hal tersebut ia sampaikan pada acara Sosialiasi Kreatifood 2019, yang dihadiri oleh lebih dari 100 pelaku usaha kreatif dari Surabaya.

“Surabaya selain lokasinya yang strategis karena berada di tengah Indonesia, pelaku usaha kreatifnya juga sangat luar biasa. Tapi juga banyak wilayah di Jawa Timur yang punya potensi industri kreatif,” ungkap Bonnie, saat menyampaikan sosialisasi Kreatifood di Wyndham Hotel, Sabtu (6/4/2019).

Bonnie mengungkapkan, pihaknya akan bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk menginisiasi Demoday FoodStartup Indonesia pada tanggal 8 hingga 10 Juli 2019. Dari sekian banyak kontestan, akan dipilih 50 FoodStartup dari pelaku industri kreatif kuliner di Surabaya melalui proses kurasi.

Acara Kreatifood ini tidak dipungut biaya apapun. Bagi yang terpilih dalam kurasi, peserta akan mengikuti rangkaian Demoday FoodStartup Indonesia termasuk fasilitas menginap dan makan selama acara untuk 2 orang per FoodStartup. Peserta hanya menanggung biaya perjalanan pulang pergi dari kota asal Surabaya.

“Syaratnya harus punya produk kuliner seperti makanan dan minuman kemasan, jasa makanan, bahan makanan dan teknologi pangan. Harus punya produk dan usaha yang sudah beroperasional serta mempunyai rekam jejak keuangan usaha. Kami tidak menerima startup dengan produk aplikasi digital dan peserta diwajibkan mendaftar online,” ujar Bonnie.

Kreatifood yang hadir di Surabaya kali ini merupakan kali keempat Bekraf dan FoodStartup Indonesia adakan. Sosialisasi Kreatifood 2019 adalah salah satu upaya Bekraf, untuk mengembangkan ekosistem subsektor kuliner di Indonesia. Dengan adanya Kreatifood, diharapkan para pelaku ekonomi kreatif di bidang kuliner dapat terfasilitasi dan memperluas pasar produk kreatif Indonesia di pasar domestik, hingga tercipta titik temu transaksi jual beli antara produsen dan konsumen.

Senada dengan Bonnie, Muhammad Jufri selaku Deputi Pemasaran Bekraf mengatakan Kreatifood ini merupakan hasil kolaborasi Bekraf melalui Deputi Pemasaran, khususnya Direktorat Pengembangan Pasar Dalam Negeri yang bekerjasama dengan Deputi Akses Pemodalan dan Perkumpulan FoodStartup Indonesia, untuk mempromosikan produk-produk hasil kurasi dari kegiatan FoodStartup Indonesia.

“Kami benar-benar selektif karena produk yang terkurasi tidak hanya akan dipasarkan secara domestik, namun juga luar negeri,” kata Jufri.[DEWID WIRATAMA/DM]

Editor: Dony Maulana