Antusiasme Bersaing Pelaku Usaha Kreatif Kuliner di Acara Kreatifood 2019

Acara Sosialisasi Kreatifood yang bertujuan “menjaring” para pelaku usaha kreatif dibidang kuliner yang diadakan oleh Bekraf di Wyndham Hotel. FOTO: SUREPLUS/DEWID WIRATAMA

SURABAYA-SUREPLUS: Acara Sosialisasi Kreatifood 2019, yang diselenggarakan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menunjukkan antusiasme yang tinggi dari pesertanya. Sebanyak lebih dari 100 peserta yang hadir pada acara itu merupakan para pelaku usaha yang fokus pada industri kreatif khususnya makanan.

“Saya berjalan bisnis saya, sudah ada sekitar satu tahun. Dulu juga sempat ikut Pahlawan Ekonomi. Mungkin sekarang waktunya saya lanjutkan usaha saya dengan ikut Kreatifood ini,” ungkap Dani, salah satu pengusaha kue di Surabaya, saat diwawancarai reporter Sureplus.id pada acara sosialisasi Kreatifood di Wyndham Hotel, Sabtu (6/4/2019).

Kreatifood kali ini merupakan ajang dari Bekraf untuk menyeleksi 50 sajian kuliner terbaik dari seluruh peserta pelaku industri kreatif, untuk bergabung pada acara pada tanggal 5 hingga 7 Juli 2019 mendatang.

Dalam ajang kali ini, peserta harus memiliki pitchdeck. Pitchdek sendiri adalah ringkasan produk dan bisnis peserta, yang biasanya terdiri dari 10 slide dalam format Power Point atau PDF untuk dipresentasikan.

“Slide yang perlu dicantumkan adalah Cover, Dasar pembuatan produk, solusi yang diberikan atass produk, rekam jejak bisnis, cara pemasaran, kompetisi dan hambatan yang pernah ditemui. Selain itu, juga ada kebutuhan permodalan, strategi pemanfaatan modal dan yang terakhir latar belakang peserta, team, jenis badan usaha dan legalitas,” ujar Bonnie Susilo, perwakilan dari FoodStartup Indonesia.

Bonnie menjelaskan, akan ada banyak keuntungan yang akan didapat jika memenangkan kurasi yang akan dilaksanakan oleh Bekraf dan FoodStartup Indonesia. Keuntungan yang dijelaskan oleh Bonnie, yakni mulai dari koneksi jaringan ekosistem FoodStartup Indonesia, Direct Mentorship bisnis kuliner dan masih banyak lagi.

Viki, salah satu pelaku usaha industri kreatif kuliner di kota pahlawan berdalih ajang ini merupakan salah satu langkah ekspansi yang bisa dilakukan secara masif dan efektif.

“Kalau saya bisa mendapatkan kursi untuk Kreatifood lagi, peluang saya untuk memasarkan produk bahkan luar negeri akan sangat besar, tapi kualitas produk juga tetap yang utama” ujar Viki, salah satu pengusaha makanan kering Surabaya.[DEWID WIRATAMA/DM]

Editor; Dony Maulana