Hadir di Surabaya, Bekraf Sosialisasikan Kreatifood 2019

Muhammad Jufri, Deputi Pemasaran Bekraf saat memberikan paparan di acara Sosialisasi Kreatifood 2019 di Wyndham Hotel. FOTO: SUREPLUS/DEWID WIRATAMA

SURABAYA-SUREPLUS: Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) hadir di Surabaya memberikan sosialisasi acara Kreatifood yang digelar pada tahun ini. Melanjutkan kesuksesan Kreatifood di tahun 2018 lalu, kali ini Bekraf kembali memberi dukungan terhadap para pelaku kreatif Indonesia, khususnya dibidang kuliner melalui kegiatan Fasilitasi Pelaku Kreatif pada Kreatifood Festival 2019.

“Ada tiga hal yang diprioritaskan, yaitu kuliner, fashion dan kerajinan. Tiga hal ini, memberikan kontribusi besar dan menyumbang 381 triliun rupiah untuk ekonomi Indonesia. Dari kuliner sendiri, telah memberikan lapangan kerja untuk delapan juta masyarakat,” ungkap Muhammad Jufri, Deputi Pemasaran Bekraf saat memberikan paparan di Wyndham Hotel, Jumat (5/4/2019).

Jufri mengungkapkan, Kreatifood ini merupakan hasil kolaborasi Bekraf melalui Deputi Pemasaran, khususnya Direktorat Pengembangan Pasar Dalam Negeri yang bekerjasama dengan Deputi Akses Pemodalan dan Perkumpulan FoodStartup Indonesia untuk mempromosikan produk-produk hasil kurasi dari kegiatan FoodStartup Indonesia.

Sosialisasi Kreatifood 2019 adalah salah satu upaya Bekraf, untuk mengembangkan ekosistem subsektor kuliner di Indonesia. Dengan adanya Kreatifood, diharapkan para pelaku ekonomi kreatif di bidang kuliner dapat terfasilitasi dan memperluas pasar produk kreatif Indonesia di pasar domestik, hingga tercipta titik temu transaksi jual beli antara produsen dan konsumen.

“Ditopang juga dari kawan-kawan FoodLab dan FoodStartup untuk bertemu dengan reseller, produsen, investor dan lain sebagainya. Tahun 2018 kemarin, capaian Kreatifood berhasil sebanyak 900 juta dan dari bisnis ke bisnis sebesar 2 Miliar,” ujar Jufri.

Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan ekosistem yang positif bagi perkembangan ekonomi kreatif yang tersinergi antara pemerintah, pelaku kreatif, investor, calon konsumen dan masyarakat.

“Sejauh ini, Kreatifood berhasil mempertemukan sebanyak 203 distributor. Tahun 2019 ini, kita akan kembangkan sosialisasi di sepuluh kota. Untuk sosialisasi di Surabaya, nanti akan ada lagi di bulan Juli. Tentunya Bekraf akan terus mengembangkan potensi dan membawa produk yang kami nilai baik ke luar negeri,” tutup Jufri.[DEWID WIRATAMA/DM]

Editor: Dony Maulana