Risma Imbau Warga Surabaya Agar Turut Meneladani Semangat Juang Pahlawan

Acara Surabaya Vaganza yang diadakan dalam rangka menyambut kedatangan hari jadi kora Surabaya. FOTO: SUREPLUS/DEWID WIRATAMA

SURABAYA-SUREPLUS: Pagi yang mendung ini tidak menyurutkan semangat warga Surabaya untuk berbondong-bondong mendatangi acara Surabaya Vaganza yang dibuka di Jalan Tugu Pahlawan. Dalam kesempatan tersebut, walikota Surabaya Tri Rismaharini menyampaikan beberapa hal untuk warga kotanya ini.

“Perayaan ini biasanya dilakukan pada Mei, waktu Ulang Tahun Kota Surabaya. Sekarang usia Surabaya sudah 726, usia Surabaya sudah dewasa dan tua karena itu seluruh warga kota saya ingin menyampaikan ayo kita tidak boleh lagi malas, kita harus kerja keras,” pesan Wali Kota Tri Rismaharini saat membuka acara di sekitar Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (24/3/2019).

Pagelaran Surabaya Vaganza Parade Budaya dan Bunga ini memang biasanya dihelat untuk menyambut Hari Jadi Kota Surabaya. Namun, momen parade kali ini tidak seperti biasanya. Hal tersrebut lantaran pagelaran ini juga diramaikan oleh 40 mobil hias, 37 komunitas lintas budaya, hingga hadirnya belasan walikota peserta APEKSI yang diarak, Jeep hias bersama para peserta parade.

Mendengar pesan Risma, ratusan masyarakat yang hadir pun turut semangat. Beberapa diantaranya pun bertepuk tangan tangan menimpali. Sementara, Risma juga berpesan agar warga Kota Pahlawan ini turut meneladani semangat juang para pahlawan. Risma bercerita, pahlawan yang dulu hanya bersenjatakan alat seadanya, bisa merenggut kemerdekaan.

“Tidak ada kata menyerah, tidak ada kata putus asa. Para pendahulu kita, pejuang sudah membuktikan dengan seluruh keterbatasannya kita bisa berjuang dan meraih kemerdekaan pada 10 November,” imbuh Risma.

Usai membuka acara, rombongan parade mulai melaju dijalanan Surabaya. Tidak hanya warna-warni bunga hingga corak pada mobil hias, namun peserta yang berbaris menggunakan pakaian kostum pun membuat warga berebut mengambil gambar disamping mereka.[DEWID WIRATAMA/DM]

Editor: Dony Maulana