Bappeko Surabaya Rencanakan Bangun Jembatan Untuk Spot Foto  

Lokasi sentra ikan bulak (SIB) Surabaya yang digencarkan pembangunannya oleh Bappeko Surabaya. FOTO: SUREPLUS/DEWID WIRATAMA

SURABAYA-SUREPLUS: Rencana pembangunan jembatan, dari Sentra Ikan Bulak (SIB) menuju ke Taman Suroboyo akan segera direalisasikan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Bappeko, Eri Cahyadi, yang mengatakan bahwa jembatan ini bisa menjadi spot foto bagi warga Surabaya.

“Jadi bisa langsung berfoto yang arahnya ke patung Suroboyo. Model jembatannya pun bentuknya akan seperti jembatan penyeberangan orang (JPO), cuman konsepnya saja yang berbeda,” kata Eri saat diwawancarai di taman Suroboyo, Jumat (22/3/2019).

Eri mengatakan, pengerjaan  dimulai tahun ini. Sedangkan untuk SIB sendiri, saat ini pihak Bappeko sedang tahap penataan. Untuk seluruh IPAL akan dibersihkan, dan beberapa fasilitas lainnya yang dapat digunakan warga akan diperbaiki.

Pembangunan taman Suroboyo dan patung berukuran tinggi 42 meter itu untuk meramaikan kawasan wisata di Kenjeran. Selanjutnya nanti akan dibangun jembatan seperti JPO yang terintegrasi dengan taman dan SIB lantai dua.

“Kamar mandi akan diperbagus serta pelatihan terkait manajemen jual beli, dana jualan, dan cita rasa akan ditawarkan di kawasan tersebut,” ujar Edi. Saat disinggung soal Cable Car, Eri berdalih bahwa transportasi tersebut telah melalui tahap awal turunnya akan berposisi dimana. Saat ini sudah ada empat Cable Car yang sudah tersedia dari CSR PP properti.

“Untuk saat ini tidak membuat stasiun untuk cable carnya,” ujar Edi

Kendati demikian, walikota Surabaya Tri Risma Harini mengungkapkan bahwa pembangunan patung ini akan selesai pada bulan Mei. Selain itu, akan ada penambahan bangunan jembatan yang terhubung dengan Sentra Ikan Bulak tepatnya di lantai 2.

Wali Kota menjelaskan pembangunan patung Suro dan boyo adalah bagian dari mimpinya. Patung Suro dan boyo ini juga menjadi ikon terbesar dibanding patung yang ada di Kebun Bintang Surabaya (KBS) dan Skate Park Jalan Gubeng Surabaya.

“Ini adalah bagian dari mimpi saya. Saya juga membayangkan ketika ada di tengah laut, maka Surabaya dapat terlihat dari ikon patung ini. Selain itu, bisa dibilang patung ini adalah neneknya karena setinggi 42 meter. Kalau mamanya ada di Skate Park, anaknya ada di Kebun Binatang Surabaya (KBS),” tutup Risma.[DEWID WIRATAMA/DM]

Editor: Dony Maulana