Ribuan Pengangguran Surabaya Sibukkan Diri Cari Lowongan Kerja di Unair Career Fair

Acara Unair Career Fair yang terselenggara di Kampus Unair C dipadati oleh ribuan pencari kerja (pencaker). FOTO: SUREPLUS/DEWID WIRATAMA

SURABAYA-SUREPLUS: Acara Unair Career Fair yang terselenggara di Kampus Unair C dipadati oleh ribuan pencari kerja (pencaker), yang didominasi oleh mahasiswa fresh graduate, non-fresh graduate dan yang masih aktif berkuliah. Sekitar 30 stan perusahaan swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hadir meramaikan acara tersebut.

“Lulus tahun kemarin sih, tapi sampai sekarang masih belum dapat pekerjaan. Berhubung dikabari sama teman-teman saya kalau ada acara disini ya saya langsung kesini bareng sama mereka,” ungkap Adi Wirianto, salah satu pencaker baru wisuda dari salah satu kampus negeri di Surabaya bulan Desember 2018 lalu, saat diwawancarai reporter Sureplus.id di lokasi, Rabu (13/3/2019).

Selain mahasiswa, ada juga tenaga berpengalaman yang ikut mencari lowongan pekerjaan di kampus tersebut. Perusahaan yang hadir pada Unair Career Fair hari ini membuka lowongan dengan berbagai macam background studi. Tak pelak, ribuan mahasiswa yang hadir ternyata tidak hanya dari Unair sendiri, namun hampir mahasiswa dari seluruh perguruan negeri di Surabaya datang ke gedung Airlangga Convention Center tersebut.

Dari sekian banyak lowongan kerja yang ditawarkan, ada beberapa mahasiswa yang mengaku tidak menemukan satupun pekerjaan yang sesuai dengan jurusan perkuliahannya dulu. Beberapa dari mereka mengaku kecewa, lantaran banyak dari perusahaan tersebut hanya membuka lowongan paling banyak sebagai administrasi, sales dan management trainee.

“Ya agak kecewa saja, yang kita temukan disini adalah lowongan yang kita temukan setiap hari di internet. Buat apa repot-repot hadir di acara ini juga kalau bisa di posting di lowongan kerja online, kan semua orang rata-rata juga sudah pegang gadget,” ujar Fikri, salah satu pencaker asal Surabaya.

Namun, tidak sedikit juga yang mengapresiasi acara tersebut, lantaran menemukan pekerjaan yang sesuai dengan studi yang mereka geluti. Reporter Sureplus.id juga menemui 8 dari 10 orang yang mengaku telah mendapatkan kesempatan berkarir di salah satu BUMN yang hadir hari ini.

“Saya menemukan dan sudah mendaftarkan diri. Terus terang, saya lulusan tahun 2016 dan sekarang saya bekerja tidak sesuai dengan jurusan, apalagi keinginan saya. Semoga kesempatan yang saya dapat kali ini berbuah manis agar saya bisa menikmati pekerjaan saya,” tutur Devita Mulihyani, pencaker yang masih aktif berkuliah di salah satu universitas di Sidoarjo. (DEWID WIRATAMA/DM)

Editor: Dony Maulana